Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Apa itu Talent Acquisition Specialist? | Tanggung Jawab dan Gajinya

Talent Acquisition Specialist adalah

Talent acquisition specialist adalah spesialis yang memiliki peran sangat penting untuk perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Mereka memiliki tugas untuk menemukan kandidat dengan tipe ideal perusahaan. Diantaranya, yaitu harus memiliki bakat, kualifikasi dan kemampuan tertentu di bidangnya untuk mengisi posisi yang sedang kosong di perusahaan.

Kualifikasi yang sudah ditentukan tentu saja sudah disesuaikan dengan tiap divisi atau departemen yang membutuhkan. Hal ini sering terjadi karena perusahaan tidak mau membuang waktu untuk sekedar melakukan pelatihan kerja untuk karyawan baru.

Daftar Isi

Apa itu Talent Acquisition Specialist?

Meskipun, banyak perusahaan yang  menggunakan talent acquisition tetapi tidak berarti mengerti betul apa itu talent acquisition specialist. Bahkan banyak yang menganggap pekerjaannya sama dengan HRD. Dua posisi tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada tanggung jawab yang talent acquisition specialist dan HRD miliki. 

Talent acquisition specialist adalah seseorang yang bertanggung jawab pada SDM perusahaan untuk mencari atau memperoleh kandidat baru yang sesuai dengan kualifikasi, bakat, dan keterampilan tertentu untuk menemukan kandidat yang ideal sehingga cocok untuk perusahaan.

Pengakuisisi talenta ini tidak hanya berfokus untuk menemukan kandidat yang memiliki potensial tertentu. Tetapi, juga ikut membantu recruiter untuk memastikan kandidat tersebut adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi yang kosong di perusahaan. Pengakuisisi talent harus memiliki kualifikasi tertentu untuk mencari kandidat baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan, divisi atau departemen. Hal ini untuk mempercepat evaluasi dalam proses recruitment.

Pengakuisisi talent tentunya juga bertanggung jawab untuk menjaga employee branding yang nantinya akan secara otomatis membuat employer branding menjadi lebih baik sehingga perusahaan akan terus memiliki citra yang baik dan mempermudah dalam menembangkan bisnisnya.

Tujuan Talent Acquisition Specialist

Talent acquisition specialist adalah orang yang berperan penting dalam proses recruitment yang perusahaan lakukan sehingga harus bisa menarik para kandidat untuk memudahkan dalam pencarian kandidat. Dalam menarik kandidat dan mencari kandidat tentu saja harus mengidentifikasi kebutuhan departemen untuk memudahkan dalam pengambilan strategi dan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Talent acquisition specialist juga mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menjaga employer branding entah itu dari karyawan lama maupun karyawan baru. Employer branding akan memudahkan talent acquisitionmenarik para kandidat sehingga tidak mempersulit pencari talenta untuk menyebarkan informasi lowongan pekerjaan.

Mereka juga  bertanggung jawab dalam mempertahankan karyawan lama yang mempunyai prestasi atau potensi yang menguntungkan bagi perusahaan. Talent acquisition juga memiliki tanggung jawab dalam membantu dan menganalisis perkembangan skill para karyawan yang sudah bergabung dalam suatu perusahaan. 

Tujuan dan Tanggung Jawab Talent Acquisition Specialist

Talent acquisition tidak hanya bertugas mencari kandidat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan saja tetapi juga bertugas secara  penuh dengan recruiter dalam seluruh proses recruitment. Mereka juga harus bisa menganalisis tren recruitment yang sedang ramai saat ini untuk mempermudah menggaet kandidat yang mempunyai potensi tinggi untuk perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas utama dari seorang pencari talenta:

1. Sourcing 

Tahapan sourcing atau pencarian kandidat adalah tahapan awal yang harus pengakuisisi talent lakukan. Proses sourcing merupakan tahapan  untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang sudah ada sesuai kebutuhan perusahaan. Dalam pencarian kandidat baru, mereka akan melakukan inbound dan outbound marketing

Inbound marketing akan sangat membantu untuk menarik kandidat yang nantinya akan memudahkan pencarian kandidat, inbound marketing akan menggunakan employer branding yang sudah perusahaan punya. Sedangkan outbound marketing adalah menyebarkan informasi lowongan kerja melalui media sosial, web yang sudah tersedia, atau bisa melalui bantuan aplikasi berbasis website yang sudah banyak di luar sana. 

2. Screening

Tahap screening atau tahap seleksi dan evaluasi sangat penting untuk mendapatkan kandidat yang ideal untuk sebuah perusahaan. Pada tahap screening, pengakuisisi talenta biasanya melakukan seleksi melalui latar belakang kandidat yang meliputi pendidikan kandidat, bakat dan keterampilan khusus yang  kandidat miliki untuk menunjang kinerja mereka, kepribadian, pengetahuan, dan pencocokan antara kepribadian kandidat dan budaya yang perusahaan miliki.

Dalam tahap screeningtalent  acquisition juga harus mengevaluasi data yang masuk, menganalisa keaslian data dari kandidat, serta menilai resume para kandidat. Mereka juga bisa melakukan wawancara akhir dengan kandidat tetapi harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan recruiter. Kemudian, talent acquisition akan memberikan rekomendasi kandidat yang terbaik kepada recruiter

3. Onboarding 

Tahapan terakhir adalah onboarding yang merupakan program training untuk mengenalkan lingkungan kerja dan fasilitas perusahaan kepada para kandidat. Onboarding juga berguna untuk mengukur seberapa lama kandidat dapat mengembangkan kemampuannya. Perusahaan akan bertanggung jawab penuh selama onboarding atau program training.

Gaji Talent Acquisition Specialist

Penentuan gaji tentu saja kembali lagi pada perusahaan untuk menentukan setiap gaji karyawannya. Namun rata-rata gaji yang  seorang talent acquisition specialist terima berkisar 5jt-10jt tergantung dimana perusahaan dan daerah tempat bekerja. 

Tidak hanya perusahaan dan UMR daerah yang mempengaruhi tetapi pengalaman kerja yang dimiliki juga mempengaruhi gaji yang akan talent acquisition dapatkan nantinya

Kesimpulan 

Talent acquisition specialist memiliki peran penting dalam proses recruitment. Pekerjaan ini akan membantu recruiter untuk menemukan kandidat yang memiliki kualitas yang baik untuk membantu mengembangkan bisnis perusahaan. Tanggung jawab ini meliputi sourcing, screening, dan onboarding

EVA Recruitment hadir untuk membantu talent acquisition specialist dalam mempersingkat sourcing, screening, dan onboarding. EVA Recruitment memiliki fitur kemudahan penilaian, manajemen pelatihan, dan penempatan pelatihan akan membantu meringankan tugas talent acquisition specialist untuk menjaga employee branding secara otomatis dengan data yang tersedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *