Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

ATS Recruitment Software Terbaik di Tahun 2023

HR Recruitment Software

Rekruter di setiap perusahaan pasti pernah merasakan lelahnya dalam melakukan review dan memilih dari ratusan hingga ribuan calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses recruitment secara manual tentu akan menghabiskan waktu Anda yang cukup lama karena membutuhkan proses dengan alur yang panjang. Oleh karena itu, Anda membutuhkan Applicant Tracking System atau ATS Recruitment Software terbaik yang dapat menjadi solusi Anda.

Selain itu, Aplikasi ATS juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas proses rekrutmen, karena dapat mengelola dan mengatur data pelamar secara terpusat dan terstruktur. Dengan demikian, rekruter dapat fokus pada tahap-tahap seleksi yang lebih penting dan meningkatkan kualitas calon karyawan yang dipilih.

Dalam hal ini, recruitment software dapat menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan yang mengalami kesulitan dalam menangani jumlah pelamar yang besar. Dengan menggunakan ATS, perusahaan dapat mengoptimalkan proses rekrutmen dengan mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk merekrut calon karyawan yang tepat.

 

Pengertian ATS Recruitment Software

recruitment software

Perusahaan menggunakan ATS atau Applicant Tracking System sebagai recruitment software untuk mempermudah proses pencarian dan seleksi kandidat. ATS membantu perusahaan menyaring, meninjau, dan mengevaluasi pelamar secara efisien dan akurat dengan fitur-fitur seperti pencarian kandidat, penyimpanan data pelamar, dan pemberian notifikasi. Dengan demikian, ATS memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan seleksi yang tepat dan cepat.

ATS memainkan peran penting dalam mengelola data pelamar dan menemukan kandidat terbaik secara cepat dan efisien. Penggunaan sistem ini dapat meningkatkan kualitas rekrutmen, mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk merekrut kandidat yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pelatihan dan pendidikan pada rekruter dan karyawan baru agar mereka dapat mengoperasikan sistem dengan baik. Perusahaan harus memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proses rekrutmen dapat mengakses dan memahami cara kerja ATS. Informasi tentang sistem dan cara kerjanya harus mudah diakses oleh semua pihak yang terlibat dalam proses rekrutmen untuk memastikan optimalnya kinerja ATS.

Baca juga: Pengertian Applicant Tracking System dan Fungsinya untuk HR

Manfaat Penggunaan ATS Recruitment Software

software rekrutmen

Sistem kerja ATS dapat mempermudah rekruter dalam melakukan seleksi calon karyawan. Ketika kandidat memasukkan seluruh data yang diminta, sistem ini dapat membantu rekruter untuk membaca dan melakukan filter data kandidat mana saja yang memenuhi syarat dan ketentuan yang perusahaan butuhkan. Berikut adalah beberapa manfaat dalam penggunaan ATS recruitment software:

1. ATS Recruitment Software dapat menghemat waktu

Penggunaan recruitment software ATS dapat membantu rekruter dalam mempersingkat waktu untuk menyeleksi kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem ini juga dapat mengurangi informasi yang tidak sesuai, sehingga dapat mempermudah rekruter untuk mendapatkan kandidat terbaik.

2. ATS Recruitment Software dapat menghemat biaya

Software ini dapat membantu rekruter dalam menganalisa seberapa sukses sebuah iklan lowongan kerja yang terpasang. Rekruter juga bisa memilih lokasi iklan lowongan pekerjaan yang tepat agar mendapatkan lamaran dari calon karyawan terbaik melalui data yang berasal dari ATS.

3. Menjangkau calon kandidat yang cukup luas

Software ATS menggunakan teknik SEO untuk menyasar konsumen iklan lowongan, sehingga sasarannya tepat dan semua kandidat yang melamar pun merupakan kandidat yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan ke dalam ATS.

4. Memperjelas gambaran kandidat

Seluruh informasi sudah tersimpan dan terlacak dengan baik oleh recruitment software ATS. Dengan sistem ini, rekruter bisa membandingkan resume antara kandidat satu dengan yang lain, mencari kandidat terbaik melalui filter yang perusahaan inginkan, dan mengurangi kemungkinan tidak terbacanya resume kandidat karena terselip di dokumen yang berantakan di meja kerja.

5 ATS Recruitment Software Terbaik di Tahun 2023

Penggunaan software ATS memudahkan pekerjaan rekruter karena sistem yang berjalan secara otomatis. Berikut adalah 5 ATS recruitment software terbaik di tahun 2023 yang dapat membantu perusahaan dalam merekrut karyawan:

1. Eva Recruitment Management

EVA Recruitment Management Software

EVA Recruitment Management adalah sistem HRM yang dirancang untuk mempermudah proses rekrutmen karyawan di perusahaan. Dengan menggunakan software ini, perusahaan dapat mengotomatisasi tahapan proses perekrutan, mulai dari publikasi lowongan pekerjaan hingga aktivitas lainnya. Software ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola seluruh tahap proses rekrutmen, termasuk menjadwalkan wawancara, membuat laporan, dan menganalisis data pelamar. Hal ini dapat mempercepat dan mengoptimalkan seluruh proses rekrutmen, sehingga perusahaan dapat merekrut kandidat yang tepat dengan lebih efisien.

Selain itu, penggunaan EVA Recruitment Management juga dapat membantu perusahaan untuk menghemat biaya yang dikeluarkan untuk perekrutan. Sebagai contoh, software ini dapat mengurangi biaya iklan lowongan pekerjaan, mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk mencari kandidat secara manual, dan menghindari biaya kesalahan rekrutmen yang dapat terjadi akibat human error. Penggunaan software ini dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi perusahaan dalam proses rekrutmen.

2. LinovHR

LinovHR dapat memberikan manfaat mulai dari tahap perencanaan perekrutan hingga administrasi kandidat, sehingga tim dapat mengelola proses rekrutmen karyawan dengan lebih mudah. Selain itu, terdapat Modul Recruitment dan Talent Acquisition pada LinovHR yang dapat membantu tim manajemen dalam melakukan permintaan rekrutmen, perencanaan tenaga kerja, pengumuman lowongan kerja, dan manajemen bakat.

3. GreatDayHR

Selain itu, GreatDay HR juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan email otomatis kepada pelamar yang lolos seleksi, serta memantau status rekrutmen secara real-time. Dengan fitur-fitur yang lengkap, software ini dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan seluruh proses rekrutmen dan meningkatkan kualitas calon karyawan yang dipilih.

4. KaryaONE

KaryaONE adalah salah satu jenis software ATS  yang sesuai untuk pelaku usaha UKM, UMKM, dan koperasi, namun perusahaan besar juga dapat menggunakan sistem ini. Selain itu, KaryaONE juga menyediakan perangkat fingerprint dan fitur talent management untuk memantau kinerja karyawan.

5. Zoho Recruit

Zoho Recruit adalah platform perekrutan yang menawarkan sistem ATS dan CRM. Software ini mempunyai fitur yang memiliki kemampuan skalabilitas, kustomisasi, dan alat perekrutan jarak jauh. Software ini dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan tim rekruter untuk menemukan kandidat yang tepat untuk posisi yang Anda buka.

Baca juga: 10 Rekomendasi Recruitment Technology Terbaik di Indonesia

Kesimpulan

Penggunaan ATS Recruitment Software penting untuk membantu rekruter dalam proses rekrutmen karyawan. Sistem ini memiliki fitur-fitur yang berguna seperti penyaringan kandidat, manajemen jadwal wawancara, serta memantau status rekrutmen secara real-time dan cepat. Jika merasa perusahaan Anda membutuhkan karyawan dengan kriteria yang sesuai, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan sistem tersebut.software rekrutmen ATSSistem HRM/HRIS sangat penting dalam mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Anda dapat menggunakan EVA Recruitment Management  untuk mempermudah proses administrasi, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, serta membantu Anda dalam mengambil keputusan berdasarkan data karyawan yang terstruktur. Segera daftar dan dapatkan demo gratis dari EVA-HR!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *