Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Rekomendasi HR Recruitment Software untuk Meningkatkan Proses Perekrutan Perusahaan

HR Recruitment Software

Proses perekrutan karyawan atau HR recruitment merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh tim rekruter dalam sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, banyak perusahaan menggunakan HR recruitment software untuk memudahkan dan mempercepat proses rekrutmen untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Namun, masih banyak juga perusahaan yang menggunakan cara manual dalam melakukan proses rekrutmen.

recruitment programMengolah data karyawan secara manual bisa menjadi tugas yang melelahkan dan berisiko terjadi human error. Sedangkan, jika menggunakan software rekrutmen, dapat mengurangi beban tugas dan meminimalisir risiko human error.  Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan software yang efisien dalam mengelola administrasi karyawan. HR recruitment software adalah sistem yang bisa mempermudah HR dalam mengurus data karyawan secara otomatis, sehingga bisa melakukan analisis kinerja karyawan dan mengambil keputusan yang tepat.

Apa itu HR Recruitment Software?

recruitment program (http://peoplemanagingpeople.com/tools/recruiting-software/)

HR recruitment software merupakan sebuah solusi untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi HR dalam proses rekrutmen. Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini untuk menjadikan proses rekrutmen yang efektif. Oleh karena itu, Anda tidak perlu melakukan beberapa proses rekrutmen secara manual.

Adanya sistem ini dapat membantu Anda dalam meminimalisir human error dan bias, sehingga bisa mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. HR bisa bekerja lebih cepat dan sistematis dengan adanya bantuan dari sistem ini. Oleh sebab itu, proses rekrutmen akan menjadi lebih terencana dengan baik, cepat, dan tepat.

Kelebihan Menggunakan HR Recruitment Software

software recruitment dapat menguntungkan bagi perusahaan dan kandidat. Selain itu, sistem ini dapat membantu HR dalam mencari calon karyawan secara otomatis dan cepat, serta menghemat biaya. Berikut adalah beberapa kelebihan dalam menggunakan HR recruitment software:

1. Memberikan pengalaman yang menarik bagi kandidat

Pengalaman yang kandidat dapatkan akan menentukan keputusan mereka untuk mengambil atau menolak tawaran yang diberikan. Bagi kandidat, pengalaman selama proses rekrutmen merupakan gambaran bagaimana rasanya bekerja di perusahaan dan seberapa dihargainya karyawan.

HR recruitment software membantu Anda dalam memberikan pengalaman kandidat yang mencerminkan kebudayaan perusahaan dan bisa menarik pelamar yang sesuai dengan kriteria yang diberikan. Oleh karena itu, tim HR bisa membuat proses rekrutmen menjadi sederhana, mulai dari lamaran kerja, penjadwalan wawancara, dan komunikasi dengan calon karyawan.

2. Mudah dalam memproses kandidat yang banyak

Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa memproses kandidat lebih banyak daripada melakukan rekrutmen secara manual. Hal ini dapat terjadi karena menggunakan sistem yang digital dan otomatis, sehingga perusahaan dapat memantau kandidat yang berkualitas lebih cepat. Oleh sebab itu, sistem ini membantu HR untuk menghemat waktu dalam mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

software for recruitment (https://asani.co.id/blog/recruitment-software-indonesia/)

3. Memperkuat visualisasi kandidat

Salah satu tugas penting HR adalah membangun dan menyimpan visualisasi kandidat. Dengan sistem ini, Anda bisa mudah untuk menyimpan profil kandidat dengan rinci dan mudah dicari ke dalam database. Oleh sebab itu, ketika Anda membuka lowongan kerja baru, Anda hanya tinggal mencari kandidat di dalam database tersebut.

4. Meningkatkan komunikasi

Software ini dapat membantu Anda dalam memperbarui status kandidat secara efektif dan efisien. Hal ini akan meminimalisir human error yang tidak memberikan penjelasan tentang status pelamar mengenai diterima atau tidaknya bekerja di perusahaan Anda.

5. Mengurangi waktu proses rekrutmen

Sistem ini berfungsi untuk membantu HR bekerja secara lebih efisien, menarik banyak pelamar, dan menekan biaya. Oleh karena itu, Anda bisa menyederhanakan proses rekrutmen menjadi lebih cepat dan tidak ada peran yang kosong.

Baca juga: Rekomendasi Software for Recruitment Terbaik di Tahun 2023

5 Rekomendasi HR Recruitment Software Terbaik di Indonesia

Pada saat ini, ada banyak HR recruitment software yang bisa ditemukan di Indonesia. Berkembangnya teknologi yang sangat cepat membuat banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini. Perusahaan yang mengintegrasikan sistem ini bertujuan untuk mengelola dan mengembangkan keterampilan karyawan demi kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, berikut adalah 5 rekomendasi HR recruitment software terbaik di Indonesia:

1. Software EVA-HR

HR Recruitment Software (https://www.eva-hr.com/)

Sistem ini dapat membantu Anda untuk menyederhanakan proses rekrutmen perusahaan, mulai dari screening CV, penjadwalan interview dan tes, serta onboarding karyawan secara efektif dan otomatis. Software EVA-HR mampu mengefisiensikan proses rekrutmen karyawan untuk mengoptimalkan kinerja dan produktivitas perusahaan. 

Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa mengontrol secara penuh dalam melacak proses rekrutmen secara real-time dan mengustomisasi alur proses rekrutmen dengan cepat. Mengotomatisasi proses rekrutmen dengan sistem ini dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat terbaik dengan mudah dan akurat. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam manajemen data kandidat dalam satu sistem yang terintegrasi.

2. Software WebHR

WebHR adalah software recruitment yang menawarkan berbagai fitur dengan basis cloud. Software ini sudah dikenal cukup lama dan penggunanya tersebar di beberapa bagian dunia. Dengan berbagai fitur yang ada, software ini dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional sistem kerja HR perusahaan Anda. Fitur utamanya meliputi pengelolaan kehadiran karyawan dan sistem penggajian. Hal ini dapat membantu tim HR dalam mengelola keuangan perusahaan dengan lebih mudah, terutama dalam perhitungan pembayaran gaji karyawan setiap bulannya.

3. HR Recruitment Software Namely

Software ini berasal dari Amerika Serikat yang mempunyai sistem yang sederhana dan fitur yang menakjubkan. Software Namely dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas HR dengan mudah dan efisien. Oleh sebab itu, proses pengelolaan dan pengaturan karyawan akan menjadi lebih maksimal pada perusahaan Anda.

Dengan menggunakan software ini, Anda dapat melibatkan karyawan untuk mengelola sendiri data personal mereka dalam satu sistem. Oleh karena itu, karyawan dapat menjadi lebih mudah dalam memasukkan informasi data pribadi, kinerja, absensi, dan performa tahunan.

4. HR Recruitment Software Oracle

Software Oracle merupakan sistem yang berbasis cloud yang dapat mendukung fungsi HR pada perusahaan Anda. Sistem ini mempunyai beberapa fitur seperti penggajian, self-service HR,  dan beberapa fitur lainnya. Anda dapat mengintegrasikan sistem ini dengan sistem internal perusahaan Anda untuk membantu dalam mengakses data pendukung secara bersamaan. Selain itu, Anda harus menyiapkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk menjaga kestabilan sistemnya.

5. HR Recruitment Software Deskera

Software Deskara merupakan sistem HRIS yang berasal dari Amerika Serikat. Software ini biasanya perusahaan gunakan untuk mengatur dan mengelola seluruh informasi karyawan secara optimal. Hal ini akan membuat sistem kerja HR menjadi lebih mudah dan cepat.

Pertama-tama, sistem ini dapat membantu karyawan dalam melakukan absensi yang dapat Anda awasi secara lebih mudah. Selain itu, software ini juga menyediakan laporan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Karyawan dapat melihat slip gaji mereka, mengajukan cuti, serta mengajukan klaim dan pengeluaran mereka secara online.

Baca juga: 10 Rekomendasi Recruitment Technology Terbaik di Indonesia

Kesimpulan

Software rekrutmen HR merupakan perangkat yang berfungsi untuk membantu perusahaan dalam proses rekrutmen karyawan lebih efisien. Dengan sistem ini, Anda dapat meningkatkan efektivitas dalam mencari karyawan yang berkualitas, menghemat waktu, serta meningkatkan akurasi dalam pemilihan kandidat terbaik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan solusi yang tepat untuk mengoptimalkan proses rekrutmen dan memperoleh karyawan yang tepat dalam waktu yang lebih cepat dan efisien.

software for recruitment

Salah satu rekomendasi software yang dapat Anda gunakan adalah EVA Recruitment Software. Sistem ini merupakan sebuah solusi perangkat lunak yang mempunyai beberapa fitur untuk membantu perusahaan Anda dalam mencari calon karyawan yang terbaik secara otomatis. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya human error dalam proses perekrutan. Oleh sebab itu, perusahaan Anda dapat meningkatkan efektivitas dan memaksimalkan kinerja rekruter perusahaan Anda. Segera daftar dan dapatkan demo gratis dari HashMicro!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *