Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Rekruter Profesional: 5 Keterampilan Utama untuk Sukses dalam Pekerjaan

Recruiter adalah

Recruiter adalah profesi yang mendukung kesuksesan perusahaan. Sebuah perusahaan tidak akan menemukan dan mempunyai karyawan untuk mengisi berbagai posisi di dalamnya. Oleh karena itu, recruiter atau HR membutuhkan tanggung jawab dan keterampilan untuk menjalankan program rekrutmen dan mendukung tujuan perusahaan yang ingin dicapai.

Tugas recruiter adalah untuk mencari kandidat dengan melihat resume dan CV calon karyawan. Selain itu, recruiter harus membangun hubungan yang baik dengan calon karyawan untuk meningkatkan rasa kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Recruiter harus memiliki beberapa keterampilan yang mumpuni agar bisa memahami pekerjaannya sehingga menjadi lebih mudah.

recruiter adalah

Pengertian dari Recruiter

Recruiter adalah (https://glints.com/id/lowongan/recruiter-adalah/#.ZCPEkXZBy5c)

Recruiter adalah sebuah profesi yang bertugas untuk membuat lowongan pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Rekruter membantu perusahaan mengisi lowongan dalam screening resume kandidat dan membujuk mereka yang sesuai dengan kriteria perusahaan untuk mengisi posisi tersebut. Setelah itu, rekruter akan melakukan proses program rekrutmen selanjutnya, yaitu interview, menegosiasikan gaji, dan menempatkan mereka di posisi yang telah disetujui.

Rekruter bisa menjadi posisi yang eksklusif dalam perusahaan untuk menangani proses rekrutmen. Rekruter yang profesional adalah rekruter yang bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik ketika mampu menyediakan karyawan yang tepat dengan tugas atau tanggung jawab yang harus diisi. Oleh karena itu, perekrut tidak bisa bekerja secara asal dalam menjalankan tugasnya. 

Baca juga: Apa itu HRD dan Peran Pentingnya bagi Perusahaan – HashMicro

5 Keterampilan Utama untuk Menjadi Recruiter Profesional

Recruiter adalah (https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/mengenal-tanggung-jawab-hr-recruiter/)

1. Keterampilan komunikasi yang baik

Recruiter profesional adalah yang mempunyai keterampilan komunikasi yang baik. Komunikasi yang efektif dapat membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan kandidat dalam program rekrutmen. Kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat juga sangat penting. Oleh sebab itu, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pengalaman dan keterampilan kandidat. 

Sebagai seorang recruiter profesional, Anda juga perlu mengembangkan keterampilan komunikasi tertulis yang baik. Anda akan sering menggunakan email untuk berkomunikasi dengan kandidat, jadi sangat penting untuk dapat menulis dengan jelas, singkat, dan efektif. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam setiap email dan pesan yang Anda kirim. Selain itu, pastikan bahwa Anda merespons setiap email dan pesan kandidat dengan cepat dan efisien. 

2. Recruiter profesional mampu memahami kebutuhan perusahaan

Keterampilan kedua recruiter adalah kemampuan untuk memahami kebutuhan perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Anda harus dapat memahami tujuan dan strategi perusahaan, serta kebutuhan mereka dalam program rekrutmen. Salah satu cara untuk memahami kebutuhan perusahaan adalah dengan melakukan interview

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tren industri dan persaingan di pasar kerja saat ini untuk memahami kebutuhan perusahaan. Dengan memahami kebutuhan perusahaan secara mendalam, Anda dapat mengembangkan strategi perekrutan yang efektif dan memilih kandidat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. 

3. Recruiter profesional mampu menganalisis kandidat

Pada kemampuan ini, Anda harus mengidentifikasi keterampilan dan pengalaman kandidat, serta memahami bagaimana kandidat dapat berkontribusi pada perusahaan. Salah satu cara untuk menganalisis kandidat adalah dengan membaca dan memahami resume mengenai pengalaman kerja, keterampilan, dan pendidikan mereka. 

Selain itu, Anda bisa melakukan interview dengan kandidat untuk mengenal kandidat dengan memahami motivasi, nilai, dan kepribadian mereka. Pastikan juga untuk memperhatikan kemampuan kandidat bisa bekerja dalam tim dan kemampuan untuk mengatasi situasi yang kompleks. Dengan menganalisis kandidat dengan baik, Anda dapat memilih kandidat yang tepat dan produktif untuk perusahaan.

4. Keterampilan networking

Kemampuan networking merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh recruiter profesional. Hal ini dapat membantu Anda memperluas jaringan, mencari informasi terbaru tentang industri, dan menemukan kandidat potensial untuk perusahaan dalam program rekrutmen. Salah satu cara untuk membangun jaringan adalah dengan menghadiri acara dan konferensi industri terkait. 

Anda juga harus dapat mempertahankan hubungan yang baik dengan kandidat dan perusahaan. Dengan membangun hubungan yang kuat, Anda dapat menemukan kandidat yang cocok dengan posisi yang sedang direkrut. Oleh karena itu, Anda dapat membangun bisnis yang sukses dan mendapatkan referensi dari kandidat yang telah Anda bantu dalam proses perekrutan sebelumnya.

5. Recruiter profesional mampu melakukan multitasking

Keterampilan wajib terakhi recruiter adalah kemampuan untuk selalu mencari cara untuk meningkatkan kemampuan multitasking Anda. Misalnya, memprioritaskan tugas-tugas yang paling penting atau memecah tugas yang lebih besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan terkelola dengan lebih mudah. Anda juga dapat mengurangi gangguan dan distraksi yang tidak perlu selama bekerja untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Dengan memperbaiki kemampuan multitasking Anda, Anda dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas secara keseluruhan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Recruitment Technology Terbaik di Indonesia

Kesimpulan

Recruiter adalah pilihan yang dapat diandalkan dalam mengatasi program rekrutmen karena berpengaruh dalam pengembangan bisnis kedepannya. Dengan adanya jasa mereka, perusahaan bisa fokus pada pengembangan bisnis, namun tidak melepaskan tanggung jawab dalam mengadakan proses rekrutmen. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan solusi yang tepat untuk mengoptimalkan proses rekrutmen dan memperoleh karyawan yang tepat dalam waktu yang lebih cepat dan efisien.

program rekrutmen

Anda bisa menggunakan EVA Recruitment Software dari HashMicro untuk mempermudah proses rekrutmen perusahaan Anda. Sistem ini mempunyai beberapa fitur untuk membantu perusahaan Anda dalam mencari calon karyawan yang terbaik secara otomatis. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya human error dalam proses perekrutan. Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan Anda dapat meningkatkan efektivitas dan memaksimalkan kinerja rekruter perusahaan Anda. Segera daftar dan dapatkan demo gratis dari HashMicro!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *