Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

13 Rekomendasi Alat Absen Sidik Jari Terbaik untuk Absensi Karyawan!

rekomendasi alat absen sidik jari

Catatan kehadiran karyawan sangat penting dalam proses penilaian kinerja di perusahaan. Melalui catatan ini, manajemen dapat melihat sejauh mana karyawan hadir dan disiplin dalam menjalankan tugasnya. Untuk memudahkan pendataan kehadiran, penggunaan alat absen sidik jari dapat menjadi salah satu solusi. 

Alat ini memungkinkan pengumpulan data yang akurat dan tidak dapat dipalsukan, karena sidik jari setiap individu bersifat unik. Dalam memilih alat absen fingerprint yang paling tepat, perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti keandalan dan kecepatan, integrasi dengan sistem lain, hingga kemudahan penggunaan. Berikut ini beberapa pilihan rekomendasi alat absen sidik jari terbaik untuk Anda!

alat absen sidik jari

1. Biofinger Mesin Absensi dan Akses Kontrol Pintu AF-800

Biofinger AF-800

Tidak hanya bisa mencatat kehadiran, mesin absensi ini juga memiliki fungsi untuk mengontrol akses kontrol pintu. Mesin ini juga memiliki kemampuan face recognition. Dengan menggunakan color optical system, mesin dapat merekam kehadiran hanya dengan mendekatkan wajah dalam jarak sekitar 30-80 cm. Hal ini memungkinkan pencatatan data waktu kehadiran dengan cepat dan efisien.

Kapasitas total rekaman dapat mencapai 100 ribu record dengan penyimpanan hingga empat ratus wajah yang berbeda. Namun, perlu diperhatikan bahwa mesin ini tidak dapat dipasang di luar ruangan karena rentan terhadap debu dan air, serta kunci magnet tidak dapat terbuka jika mesin berada dalam posisi switch off. Untuk dapat menggunakan mesin ini Anda perlu mengeluarkan sekitar 2.450.000 rupiah.

2. Deli Alat Absen Sidik Jari dan Pendeteksi Wajah E3765

Deli E3765

Alat absensi sidik jari dari Deli ini merupakan mesin absensi karyawan dengan tipe biometrik yang mudah dihubungkan ke komputer dan memungkinkan absen sidik jari online. Alat ini dapat ditempatkan di meja atau dinding, memberikan kemudahan dalam penggunaan. Layar TFT berukuran 2,8 inci memberikan tampilan visual yang jelas. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan layar TFT membutuhkan konsumsi daya yang tinggi.

Mesin absensi ini memiliki kapasitas deteksi wajah untuk dua ratus karyawan, sementara untuk absensi sidik jari, kapasitasnya dapat mencapai seribu karyawan. Meskipun demikian, mesin ini memungkinkan pengunduhan laporan absensi melalui USB. Dengan fitur-fitur tersebut, produk ini cocok bagi Anda yang mencari mesin absensi yang praktis dalam pengoperasiannya. Harga dari  mesin ini berkisar 890.000 rupiah.

3. ICON Alat Absen Sidik Jari RFID340

Mesin absensi dari ICON merupakan salah satu pilihan produk yang cocok bagi perusahaan yang sering mengalami kendala pada daya listrik. Hal ini karena alat absen sidik jari ICON memiliki baterai tanam lithium yang memungkinkan penggunaan mesin absensi saat listrik mati. Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat biaya listrik.

Agar bisa menggunakan alat ini, Anda perlu mengeluarkan dana mulai dari 975.000 rupiah. Selain itu, alat absensi ini memiliki keunggulan lain, yaitu kemampuan untuk mengontrol akses pintu. Dengan adanya sistem ini, hanya orang dengan kartu RFID yang diizinkan untuk memasuki ruangan.

Selain menggunakan kartu RFID, Anda juga dapat menggunakan sidik jari untuk melakukan absensi karyawan. Meskipun demikian, perlu Anda ingat bahwa kapasitas sidik jari maksimal hanya mencapai lima ratus. Kekurangan lain dari penggunaan mesin ini adalah tidak adanya buku panduan sehingga penggunaannya membingungkan.

4. ZKTeco Alat Absen Sidik Jari Tipe WL20

ZKTeco WL20

Mesin ini memiliki kemampuan untuk membaca hingga 1000 data sidik jari. Kelebihan menariknya, mesin ini juga dapat terhubung dengan koneksi Wi-Fi, sehingga dapat dengan cepat terhubung dengan perangkat komputer maupun smartphone dan memudahkan Anda untuk mengunduh data dan laporan pegawai. 

Selain itu, perangkat ini juga memberikan fleksibilitas dalam mengakses dan mengelola data secara efisien. Untuk bisa mendapatkan alat absensi sidik jari dengan desain sederhana nan elegan ini Anda hanya perlu menggocek dana sebesar 1.500.000 rupiah. Sayangnya, desain dari mesin ini tidak memungkinkan untuk penggunaan outdoor dan memerlukan perawatan yang cukup detail.

5. ZKTeco Alat Absen Sidik Jari LX50

ZKTeco LX50

Salah satu produk dari ZKTeco menawarkan berbagai keunggulan. Mesin ini mampu menyimpan hingga 50 ribu transaksi penggunaan dan memastikan kapasitas yang cukup untuk data absensi. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah mentransfer data secara manual melalui koneksi USB. Meskipun demikian, mesin ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar untuk operasionalnya, karena tidak memiliki baterai tanam. 

Alat absensi sidik jari ini juga memiliki layar TFT berukuran 2,8 inci, yang menampilkan antarmuka yang jelas dan gambar berkualitas. ZKTeco menggunakan sensor optik yang handal, yang memungkinkan respons identifikasi yang cepat. Fitur laporan self-service recorder (SSR) juga hadir untuk memudahkan pembuatan laporan absensi. Harga produk ini sendiri pun mulai dari 500.000 rupiah. 

6. Solution Alat Absen Sidik Jari dan Akses Pintu C3

Solution C3

Dengan menggunakan mesin absensi ini, proses absensi bagi perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak dapat dilakukan dengan cepat. Mesin ini menggunakan sistem RFID dan memiliki kapasitas penyimpanan data karyawan hingga 30 ribu. Produk ini sangat direkomendasikan untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang mencapai ratusan hingga ribuan, terutama di pabrik besar.

Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang sangat berguna, seperti pencetakan slip gaji. Selain itu, fitur timezone support memungkinkan Anda untuk mengatur akses pintu khusus bagi karyawan tertentu pada waktu yang ditentukan. Sayangnya, fitur yang kompleks membuat mesin ini seringkali error dan lambat dalam mendeteksi sidik jari. Produk ini sendiri dibandrol dengan harga mulai dari 1.285.000 rupiah. 

7. Solution Fingerprint AbsentP207

Solution P207

Salah satu rekomendasi mesin absensi Solution lainnya adalah seri P207. Mesin ini memiliki berbagai kelebihan, seperti kapasitas absensi hingga 1500 sidik jari. Selain itu, terdapat juga fitur SSR untuk mengatur shift kerja dan mengolah data karyawan, serta fitur SMS yang memudahkan pengiriman pesan kepada karyawan.

Selain itu, terdapat fitur alarm yang dapat diatur sesuai jam masuk dan pulang kerja. Dalam pengoperasiannya, mesin absensi fingerprint ini sangat mudah untuk Anda gunakan, dan data dapat dengan mudah Anda pindahkan ke USB flash disk. Walaupun demikian, perlu Anda perhatikan bahwa mesin absensi ini membutuhkan perawatan yang rutin. Mesin ini memiliki harga beragam yang mulai dari 530.000 rupiah untuk pembelian alatnya saja.

8. Solution X304 

Alat absen sidik jari Solution X304

Produk Solution yang satu ini menawarkan kombinasi antara sistem absensi sidik jari dan fungsi penguncian pintu. Dengan mesin ini, Anda dapat mengontrol akses ke ruangan, memastikan bahwa hanya orang yang memiliki akses yang dapat masuk. Penggunaannya sangatlah mudah, cukup dengan menempelkan jari pada mesin, pintu yang terkunci secara otomatis akan terbuka. 

Dengan mesin absensi Solution X304 ini, Anda dapat memiliki keamanan tambahan dan mempermudah pengaturan akses di ruangan. Mesin absensi Solution X304 ini dapat Anda dapatkan dengan harga mulai dari 1.839.500 rupiah. Dengan fitur-fitur yang ada, mesin ini merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi di perusahaan Anda.

9. Alat Absen Sidik Jari Solution P100

Solution P100

Mesin absensi merk Solution memiliki keunggulan karena dapat Anda tempatkan di meja tanpa perlu terhubung dengan komputer. Dengan begitu, operasional mesin ini menjadi lebih praktis. Selain itu, pengelolaan sistem kerja karyawan juga menjadi lebih mudah dengan adanya mesin absensi ini. Anda dapat dengan mudah membagi waktu kerja karyawan ke dalam beberapa shift kerja menggunakan mesin ini.

Selain itu, mesin absensi Solution juga dapat mencatat dengan akurat perhitungan keterlambatan dan lembur karyawan. Anda akan memiliki data yang tepat untuk mengelola waktu kerja karyawan secara efisien. Produk ini, yakni mesin absensi Solution P100, dapat Anda dapatkan dengan harga mulai dari 1.265.000 rupiah. Dengan fitur-fitur dan harganya, mesin absensi Solution P100 menjadi pilihan yang menguntungkan bagi perusahaan Anda.

10. Fingerspot 156BNC 

Fingerspot FF-153BNC Pro

Alat absen sidik jari Fingerspot tipe ini merupakan jenis mesin biometrik yang memiliki fitur self-service query yang memungkinkan Anda untuk melihat data kehadiran tanpa harus mempelajari menu yang kompleks. Keunggulan lainnya, mesin ini juga memiliki kamera inframerah yang memudahkan verifikasi wajah dalam kondisi minim cahaya. 

Dengan fitur-fitur yang canggih dan kemudahan penggunaannya, mesin ini menjadi pilihan yang menarik untuk meningkatkan pengelolaan kehadiran karyawan di perusahaan Anda. Dari segi harga, mesin ini tersedia dengan harga mulai dari 2.830.000 rupiah. Nilai ini pun sebanding dengan fitur dan kelebihannya. 

11. Fingerspot FF-153BNC Pro

Fingerspot FF-153BNC Pro

Tidak hanya sebagai alat absen sidik jari, dengan mesin ini, Anda dapat menghasilkan laporan absensi karyawan dengan periode yang berbeda, mulai dari harian hingga tahunan. Selain itu, pencatatan absensi juga dapat Anda simpan dalam format txt, html, dan pdf, memberikan fleksibilitas dalam penggunaan dan penyimpanan data.

Dengan fitur-fitur tersebut, mesin ini dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengelola absensi karyawan secara efektif dan efisien. Dalam hal harga, mesin ini senilai 2.900.000 rupiah. Mesin ini menjadi pilihan yang menarik untuk meningkatkan pengelolaan absensi karyawan pada perusahaan Anda.

12. Fingerspot Revo Mesin Absensi WFV-208BNC

Fingerspot Revo WFV-208BNC

Mesin absensi fingerprint tipe ini menawarkan penggabungan teknologi mutakhir biometrik dan RFID, serta sistem kontrol akses pintu. Dalam produk ini, akses buka pintu dapat Anda lakukan melalui scan telapak tangan, wajah, sidik jari, kartu, dan password. Keunikan lainnya adalah adanya sensor vein scanning yang memberikan alternatif absensi yang lebih higienis tanpa harus menyentuh mesin. 

Mesin absensi Revo dari Fingerspot dapat digunakan oleh dua ribu karyawan, dengan kapasitas transaksi absensi hingga 200 ribu. Meskipun demikian, perlu Anda perhatikan bahwa mesin ini kurang cocok untuk bisnis dengan jumlah karyawan yang sedikit, dan terkadang identifikasi sensor bisa terasa lambat. Dengan berbagai keunggulannya, Anda perlu menggocek dana mulai dari  3.800.000 rupiah.

13. Kozure Fingerprint Absent FP-130

Kozure FP-130

Bagi perusahaan dengan sistem kerja shift atau memiliki beberapa departemen, mesin absensi ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan kapasitas pengguna hingga seribu karyawan dan jumlah rekaman hingga 120 ribu, mesin ini mampu merekam identifikasi menggunakan sidik jari atau password. Dengan kapasitas record hingga 24 shift kerja dan 16 departemen yang berbeda, mesin absensi ini dapat menjawab kebutuhan perusahaan yang kompleks.

Meskipun demikian, perlu Anda perhatikan bahwa produk ini menggunakan pengaturan bahasa Inggris, sehingga mungkin sulit untuk Anda pahami, dan terkadang proses identifikasi sidik jari membutuhkan waktu yang lama. Untuk dapat menggunakan mesin ini pada perusahaan, Anda hanya perlu menggocek dana mulai dari 650.000 rupiah.

Tingkatkan Efektivitas Sistem Absensi dengan Software EVA HRIS Essential

Meskipun alat absen sidik jari memiliki kegunaan yang signifikan dalam pendataan kehadiran karyawan, namun terdapat beberapa kekurangan oleh karyawan untuk memanipulasi data prosesnya. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, perusahaan juga harus bisa meningkatkan keamanan dan efektivitas sistem absensi karyawannya, seperti penggunaan absensi melalui cara menghubungkan mesin absen ke komputer.

Selain itu, terdapat cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi manajemen karyawan yang memiliki sistem absensi online seperti Software EVA HRIS Essential. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, perusahaan dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya kesalahan atau kerusakan pada perangkat keras juga dapat mempengaruhi keakuratan data kehadiran. 

Selain aplikasi absensi online, perangkat lunak ini juga menyediakan fitur-fitur yang berperan dalam pengelolaan kehadiran karyawan dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Fitur-fitur tersebut antara lain pendaftaran karyawan yang mudah dan cepat serta kemampuan untuk menghasilkan laporan kehadiran yang terperinci. EVA HRIS Essential juga memiliki fitur notifikasi dan pengingat untuk mengingatkan karyawan tentang tugas dan jadwal yang harus mereka lakukan.

Kesimpulan

Pencatatan kehadiran karyawan merupakan hal penting dalam pengelolaan perusahaan, karena memberikan informasi yang Anda perlukan dalam penggajian, pemantauan kinerja, dan manajemen sumber daya manusia secara keseluruhan. Meskipun mesin absensi sidik jari memiliki keunggulan dalam akurasi dan keamanan, terdapat kendala seperti lambatnya proses identifikasi dan pemeliharaan yang membutuhkan pemeliharaan rutin. 

alat absen sidik jari

Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan beralih ke aplikasi absensi online yang menawarkan kemudahan dalam pencatatan kehadiran, fleksibilitas akses dari perangkat apa pun, serta kemampuan untuk menghasilkan laporan secara real-time, seperti Software EVA HRIS Essential. Dapatkan free-trial hingga 14 hari dan akselerasi perkembangan bisnis Anda dengan EVA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *