Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Cara Kerja Face Recognition pada Sistem Absen Perusahaan

cara kerja face recognition

Face recognition merupakan sistem pengenalan wajah dengan metode biometrik untuk kepentingan tertentu. Cara kerja face recognition dapat mengenali fitur wajah sebagai password untuk menjalankan aplikasi. Sistem ini secara otomatis bisa mencocokkan data yang ada hanya dengan foto, video atau pengambilan secara real-time.

Fitur ini memiliki keakuratan dalam mencocokkan data yang cukup tinggi dengan memanfaatkan beberapa titik di wajah. Sistem ini juga memudahkan seseorang untuk menyimpan data pribadi dengan keamanan yang sangat memadai. Dengan kemudahan yang ada kita bisa jumpai pemanfaatan sistem ini di beberapa tempat untuk kepentingan dan tujuan yang berbeda.

Banyak juga perusahaan yang menggunakannya dalam membantu absensi para karyawan. Hal ini karena memiliki efisiensi dalam mengidentifikasi fitur wajah secara real-time. Karyawan tidak perlu repot mengantri saat absen kerja seperti saat absensi manual. Pemanfaatan teknologi yang ada akan sangat membantu kinerja dari suatu perusahaan.

Kesalahan yang Sering Terjadi pada Face Recognition

Tingkat akurasi yang tinggi dalam mencocokan data tidak sering system ini mengalami penurunan dalam mengidentifikasi fitur wajah seseorang. Aksesoris wajah seperti kacamata, topi ataupun masker dapat menurunkan tingkat akurasi sistem dalam mencocokkan data yang ada. Sehingga dalam menggunakan sistem ini mengharuskan penggunanya untuk melepaskan aksesoris wajah tersebut.

Pengambilan foto yang kurang optimal juga dapat menurunkan akurasi. Seperti pengambilan foto dengan cahaya yang kurang, posisi kamera yang tidak sejajar dengan wajah, jarak  yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh, dan wajah yang tidak sengaja terhalang sesuatu seperti bayangan. Oleh karena itu, tempat pengambilan foto untuk face recognition harus tepat dan memadai.

Faktor lainnya adalah kontur wajah, hal ini sangat mempengaruhi cara kerja face recognition dalam mencocokkan foto dengan data yang sudah tersedia. Hal ini juga mengharuskan perusahaan melakukan pengulangan mengisi  data dalam beberapa tahun sekali. Dalam perkembangan teknologi yang ada mampu membantu face recognition untuk mengoptimalkan kekurangan dengan cara bertahap yang akan membuat tingkat akurasinya semakin baik.

Penggunaan Umum Face Recognition

Beberapa tempat memanfaatkan sistem ini untuk kepentingan dan tujuan yang berbeda. Dengan menyediakan kemudahan akses bagi perusahaan untuk menggunakannya, membuat face recognition banyak kita jumpai di beberapa tempat. Berikut ini adalah kegunaan sistem pengenalan wajah.

Untuk membuka gadget

Face recognition banyak kita jumpai dalam berbagai macam smartphone untuk membuka perangkat. Smartphone menyediakan fitur ini untuk menjaga keamanan data dengan akurasi yang tinggi, dengan menggunakan wajah yang berbeda untuk perangkat tidak akan bisa terbuka. Tidak hanya itu, face recognition juga bisa mempercepat dalam membuka smartphone anda, dengan hanya scan wajah smartphone anda akan otomatis terbuka.

Penerapan di bandara

Bandara adalah tempat banyak orang dari dalam negeri maupun luar negeri berkumpul, hal ini menyebabkan kesibukan yang sangat memudahkan dalam melakukan tindak kejahatan. Oleh karena itu, bandara selalu melakukan pengecekan dengan sangat terstruktur. Bandara menggunakan sistem ini dalam pengecekan setiap paspor yang pengunjungnya miliki. Sistem ini membantu petugas bandara mempersingkat waktu dalam pengecekan. 

Face recognition untuk para penegak hukum

Face recognition dapat membantu para penegak hukum khususnya aparat kepolisian dalam menemukan orang yang melakukan tindak kejahatan dengan cepat dan mudah. Sesuai dengan fungsinya face recognition dapat mengidentifikasi data dengan hanya dengan foto maupun video. Tentunya dalam pencarian yang aparat kepolisian lakukan akan memanfaatkan CCTV untuk menemukan pelaku kejahatan ataupun sketsa wajah yang kepolisian dapatkan dari ciri-ciri pelaku.

Sistem akan dengan cepat mengidentifikasi wajah dari CCTV ataupun sketsa wajah pelaku. Hal ini dapat mempercepat kerja polisi dalam memecahkan sebuah kasus serta face recognition dapat meminimalisir tindak kejahatan.

Face recognition dalam kegiatan perbankan

Berbagai bank kini telah menyediakan mobile banking atau m-banking, hal ini memudahkan pemilik rekening dalam mengecek atau transfer dimana saja dan kapan pun tanpa harus mencari ATM terdekat. Bank yang memiliki fitur m-banking menggunakan face recognition dalam mengakses m-banking dengan mudah. Face recognition akan mencocokan dengan data yang tertera pada m-banking apakah anda pemilik asli rekening tersebut atau bukan.

Berguna untuk perusahaan

Penggunaan face recognition di perusahaan sebagai alat absen karyawan sangat membantu karyawan untuk absen kerja tanpa mengantri. Pendeteksi wajah secara langsung juga dapat meminimalisir kecurangan yang karyawan lakukan pada saat melakukan absen. Keefisienan dalam melakukan absen juga berpengaruh dalam kinerja dan produktivitas karyawan dalam bekerja.

Cara Kerja Face Recognition pada Sistem Perusahaan

Face recognition adalah sebuah sistem yang dapat membantu dalam mengakses perangkat dengan mudah dan mempunyai fitur keamanan yang sangat tinggi. Perangkat tidak akan terakses jika orang tersebut tidak memiliki akses perangkat. Jika ingin mengetahui lebih detail berikut adalah cara kerja recognition pada sistem absensi perusahaan.

Mendeteksi wajah

Face recognition menyediakan fitur kamera yang dapat mendeteksi wajah untuk mendapatkan informasi terkait absen. Dalam mendeteksi wajah, face recognition membutuhkan pengambilan secara optimal. Pengguna perlu menghadap lurus ke kamera lalu sistem akan mendeteksi wajah  anda apakah sesuai atau tidak dengan data yang sudah tertera.

Menganalisis wajah

cara kerja face recognition

Cara kerja face recognition selanjutnya adalah mengenali wajah anda untuk membedakan bentuk wajah anda dengan pengguna lain. Analisis wajah ini menggunakan struktur, bentuk, dan beberapa titik yang ada di wajah untuk pembeda antara  pengguna satu dengan lainnya. Data yang tertera sebelumnya dapat membantu proses analisis wajah semakin akurat.

Mengelola mimik wajah menjadi data

Struktur, bentuk, dan titik wajah yang sudah kamera analis akan menampilkan data berupa face print. Face print ini nantinya adalah data yang dapat mengidentifikasi anda memiliki akses terhadap suatu perangkat atau tidak.

Hadirnya EVA HR Management dan Kelebihannya dalam Kelola Face Recognition

Banyaknya karyawan saat melakukan absensi secara manual akan mengganggu kinerja dan produktivitas sebuah perusahaan. Dengan perkembangan teknologi banyak kemudahan yang perusahaan rasakan contohnya absensi karyawan melalui face recognition. 

Namun, sayangnya sistem tersebut belum mampu melakukan manajemen otomatis. HRD masih sibuk dalam mengelola banyaknya data yang dihasilkan oleh sistem pengenalan wajah tersebut. Sehingga memerlukan sistem manajemen otomatis. Salah satunya adalah memanfaatkan kehadiran EVA HR Management.

EVA HR Management dapat membantu HR mengelola data absensi dengan mudah. Hal ini karena terintegrasi dengan sistem lainnya seperti payroll dan sebagainya. EVA HR Management juga dapat membantu perusahaan dalam meminimalisir kecurangan yang karyawan lakukan saat melakukan absen. 

Tingkat akurasi yang tinggi juga membantu perusahaan dalam mengatasi human error saat melakukan sistem absensi secara manual. Kelebihan seperti ini yang perusahaan butuhkan untuk tetap meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan serta perusahaan.

Kesimpulan 

Face recognition merupakan sistem pengenalan wajah dengan metode biometrik untuk kepentingan tertentu. Banyak juga perusahaan yang menggunakannya dalam membantu absensi para karyawan. Hal ini karena memiliki efisiensi dalam mengidentifikasi fitur wajah secara real-time. Face recognition dapat membedakan setiap penggunanya dengan titik wajah, struktur, dan bentuk wajah  penggunanya. 

EVA HR Management menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengelola data dari face recognition. Mengingat data tersebut selalu update setiap hari. Perusahaan juga dapat menyesuaikan kebutuhannya karena EVA HR Management memberikan demo gratis serta simulasi perhitungan biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *