Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

7 Alasan Pentingnya Sistem HRD untuk Perusahaan

Software HRIS

Sistem HRD di perusahaan merupakan teknologi yang membantu tugas HRD (Human Resource Development). Melalui software, platform atau website, HRD dapat mengelola sumber daya manusia (SDM) perusahaan dan mengelola setiap administrasi yang ada di perusahaan dengan lebih efisien. 

Sistem HRD menyediakan fitur pengajuan cuti, absensi karyawan, payroll, penjadwalan kerja, dan fitur yang bisa karyawan gunakan untuk berkomunikasi. Penggunaan sistem HRD tentunya akan mempersingkat dan meringankan kerja HRD dan karyawan.

Tim HRD adalah komponen penting dalam perusahaan yang mempunyai tugas menangani hal-hal yang berkaitan dengan kestabilan berdirinya perusahaan. Tugas yang HRD tanggung meliputi rekrutmen, administrasi, evaluasi, dan pengembangan perusahaan. Munculnya sistem HRD dalam perkembangan teknologi  sangat membantu HRD dalam menjalankan tugasnya dengan cepat dan efisien.

Daftar Isi

Seberapa Pentingnya Sistem HRD di Perusahaan

Dengan banyaknya tugas HRD dan karyawan, penggunaan sistem dapat mempercepat dan mempersingkat kerja. Sistem HRD di perusahaan akan secara otomatis memberikan data yang perusahaan butuhkan untuk membuat keputusan secara cepat dengan alasan yang valid. Software ini juga bisa membantu dalam menganalisis dan meningkatkan kinerja serta produktivitas karyawan perusahaan. 

Sistem ini sangat berguna menghindari human error karena banyaknya karyawan yang bisa saja melakukan administrasi dan tugas lainnya yang membutuhkan persetujuan HRD kapan saja. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa perusahaan lakukan dengan menggunakan sistem HRD:

1. Sistem HRD di perusahaan membantu seleksi dan rekrutmen

Proses seleksi dan rekrutmen adalah point yang sangat penting untuk terus dapat mengembangkan perusahaan. Dengan menggunakan sistem HRD proses seleksi CV dan seleksi lainnya akan otomatis memudahkan tugas  HRD dalam proses perekrutan. Perekrutan yang menghasilkan karyawan dengan keterampilan dan pengetahuan umum yang baik akan memudahkan perusahaan mengembangkan bisnisnya dalam persaingan dunia kerja.

2. Perjanjian kerja

Perjanjian kerja atau kita sering menyebutnya kontrak kerja akan berisi tentang tugas, shift, gaji, dan tunjangan yang perusahaan berikan untuk para karyawan. Tidak hanya itu dalam proses perjanjian kerja perusahaan juga akan menjelaskan bagaimana kebijakan perusahaan yang harus karyawaan taati. Perusahaan membuat perjanjian kerja agar dapat membuat ketenangan karena adanya jaminan pihak yang terlibat menjalankan tugasnya dan mendapatkan haknya.

3. Pengelolaan kompensasi yang adil dan konsekuen

Perhitungan kompensasi yang manual akan membutuhkan banyak waktu, sedangkan dalam pengajuan kompensasi sangat memunkingkan karyawan melakukan pengajuan dengan waktu yang berdekatan.  Perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan tidak jarang menimbulkan human error saat mendata ataupun menghitung manual kompensasi atau gaji karyawan. 

Sistem HRD memiliki fitur payroll yang akan memudahkan urusan keuangan karyawan. Banyaknya karyawan dalam perusahaan tidak jarang membuat HRD kewalahan dalam mengurus data  keuangan karyawannya. Sistem ini dapat dengan langsung menghitung gaji, tunjangan sekaligus potongan yang karyawan dapatkan setiap bulannya. 

Sistem HRD juga dapat mempercepat pengembalian dana karyawan yang perusahaan gunakan lebih dulu. Hal ini sangat memudahkan HRD untuk memproses dan menyetujuinya saat itu juga karena adanya data yang akurat.

4. Orientasi karyawan baru dengan lingkungan kerja

Tim  HRD harus bisa membangun lingkungan kerja yang nyaman untuk membuat karyawannya betah untuk tetap bekerja di perusahaan. Hal ini juga akan memabngun citra baik perusahaan di masyarakat. Lingkungan kerja yang nyaman akan membuat karyawan baru cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja. 

5.Sistem HRD di perusahaan membantu training karyawan

Training karyawan perusahaan gunakan untuk mengembangkan skill yang karyawan miliki. Pengembangan skill dengan training karyawan akan membuat karyawan mencapai target kerja yang perusahaan berikan dengan cepat. Proses training karyawan harus perusahaan lakukan dengan terarah agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

6. Membangun budaya kerja di dalam perusahaan

Membangun budaya kerja sangat penting untuk membentuk keprofesionalan dalam diri karyawan saat bekerja. Dengan membangun budaya kerja yang baik akan membantu karyawan itu dalam proses adaptasi dan pengembangan diri. Proses penerimaan karyawan baru di perusahaan tentunya akan mereka lihat dari budaya kerja  yang Anda bangun.

7. Peningkatan Motivasi

Karyawan yang memiliki peningkatan kinerja dan pengembangan skill yang baik tentu saja akan mendapatkan reward dari perusahaan. Hal ini akan menjadikan suatu motivasi karyawan untuk terus meningkatkan kinerja dan skill mereka untuk perusahaan. Kegiatan santai yang bisa perusahaan adakan di luar perusahaan juga bisa meningkat motivasi karyawan dalam bekerja contohnya camping atau senam. 

Bagaimana Cara Menerapkan Sistem HRD di Perusahaan?

Semakin besar perusahaan tentu saja tugas yang HRD dapatkan akan semakin sulit dan banyak. Tidak hanya membangun lingkungan kerja yang baik tetapi juga harus mengetahui cara pengelolaan data administrasi karyawan dengan cepat tanpa adanya human error.

Sistem HRD akan menjadi efektif ketika perusahaan telah mengetahui apa saja fasilitas yang karyawan perlukan untuk mempercepat pekerjaan mereka dalam satu waktu. Penggunaan fungsi utama sistem HRD sebagai pembantu kerja juga harus HRD kelola dengan baik.

Fitur-fitur yang sistem HRD sediakan akan sangat membantu  kinerja  HRD dalam mengoptimalkan perkembangan perusahaan dengan baik. Dengan demikian, sistem HRD juga bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawannya, hal ini akan memudahkan perusahaan untuk berkembang dalam bisnisnya. 

Kesimpulan 

Sistem HRD adalah sebuah software yang membantu HRD dalam mengefisiensikan kerjanya. Software ini membantu HRD dalam memberikan data yang dibutuhkan untuk bahan evaluasi. Sistem ini juga menyediakan fitur yang  akan membantu meningkatkan kinerja, seperti payroll, pengajuan cuti, absensi karyawan, informasi perusahaan dan fitur yang memudahkan karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa harus bertemu. 

Keefektifan dan efisiensi dari sistem HRD membuat banyak perusahaan menggunakannya, dari perusahaan kecil maupun besar. Hal ini dapat membantu HRD tetap mengontrol produktivitas dan kinerja karyawannya dimana saja dan kapan saja tanpa harus bertemu tatap muka.

Namun, dalam memilih sistem HRD tidak boleh sembarangan. EVA-HR dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Selain memiliki beragam fitur, EVA-HR juga menyediakan demo gratis dan simulasi perhitungan biaya sehingga perusahaan dapat melakukan test drive terlebih dahulu sebelum menerapkannya untuk jangka panjang. Jika  tertarik, Anda dapat mencobanya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *