Pengertian Human Capital dan Perbedaannya dengan Human Resources

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, memiliki karyawan yang terampil dan berpengetahuan menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas karyawan dan melakukan human capital management. Dengan mengelola sumber daya manusia dengan baik, perusahaan dapat mencapai produktivitas yang lebih tinggi, meningkatkan inovasi, dan meraih keunggulan kompetitif.

Human capital management membantu perusahaan dalam merekrut, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan terbaik. Meskipun sama-sama berkaitan dengan karyawan, human capital management tidak bisa Anda samakan dengan human resources management. Simak uraian di bawah ini untuk penjelasan selengkapnya!

human capital

Apa Itu Human Capital?

Human capital atau modal manusia adalah istilah yang mengacu pada pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan keahlian yang dimiliki oleh individu dalam suatu perusahaan. Sebagai aset berharga, modal manusia memiliki potensi untuk menggerakkan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. 

Untuk mengoptimalkan manfaat dari sumber daya manusia pada perusahaan, perlu adanya manajemen yang efektif. Inilah yang mendorong pentingnya keberadaan human capital management. Pengelolaan modal manusia melibatkan praktik dan strategi untuk merekrut, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan yang berkualitas. Hal ini melibatkan perencanaan, pengembangan keterampilan, manajemen kinerja, kompensasi, serta pemeliharaan budaya kerja yang positif. 

Teori Modal Manusia

Teori modal manusia adalah konsep yang menggambarkan pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan keahlian individu sebagai aset yang memiliki nilai ekonomi. Pendapat dalam teori ini menyatakan bahwa investasi dalam pengembangan sumber daya manusia akan menghasilkan pengembalian yang tinggi. Pengembalian tersebut bisa dalam bentuk peningkatan produktivitas dan kinerja. 

Selain itu, manajemen modal manusia adalah pendekatan yang perusahaan lakukan untuk mengelola, mengembangkan, dan memanfaatkan potensi sumber daya manusia mereka. Melalui manajemen modal manusia, perusahaan berupaya untuk meningkatkan nilai dan kontribusi individu dalam mencapai tujuan organisasi. 

Hal ini melibatkan pengenalan kebijakan, program pelatihan, pengembangan karir, manajemen kinerja, hingga strategi penghargaan. Hal ini  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, hingga produktivitas karyawan. Dengan menerapkan teori human capital dan menerapkan praktik human capital management yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan daya saing, inovasi, dan keberhasilan jangka panjang mereka.

Jenis-jenis Modal Manusia

jenis-jenis modal manusia

Sumber daya manusia unggul yang menjadi aset berharga perusahaan harus perusahaan kelola dengan baik agar bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Untuk dapat menyusun strategi pengelolaan yang efektif, perusahaan haruslah memahami perbedaan dari tiap jenis modal manusia yang mereka miliki. Beberapa jenis dari modal manusia ini antara lain:

Company-specific Human Capital

Jenis human capital ini merujuk pada pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang karyawan peroleh secara spesifik dalam lingkungan perusahaan tertentu. Dalam sebuah perusahaan, karyawan tidak hanya memiliki pengetahuan umum atau keterampilan yang dapat diterapkan di berbagai perusahaan. Namun, karyawan juga memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga untuk dikembangkan di dalam perusahaan itu sendiri. 

Hal ini mencakup pemahaman mendalam tentang operasi, budaya, proses, dan sistem khusus yang ada di perusahaan tersebut. Keberadaan company-specific human capital memungkinkan karyawan untuk lebih efektif beradaptasi dengan kebutuhan dan persyaratan unik perusahaan, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang lebih berarti. 

Selain itu, jenis modal manusia ini juga berperan dalam menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, karena pengetahuan dan keterampilan yang spesifik ini tidak mudah ditiru oleh pesaing. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengakui nilai dan pentingnya modal manusia dengan kemampuan spesifik perusahaandan berinvestasi dalam pengembangan, peningkatan, serta pelestariannya untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan jangka panjang.

Relationship Human Capital

Relationship human capital merupakan salah satu jenis modal manusia yang menekankan pentingnya hubungan dan jaringan sosial yang dimiliki oleh karyawan dalam organisasi. Jenis modal manusia yang satu ini mencakup koneksi, kolaborasi, dan komunikasi yang kuat antara individu-individu di dalam perusahaan. 

Melalui jaringan sosial yang baik, karyawan dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya yang saling menguntungkan. Hal ini dapat meningkatkan kolaborasi tim, mempercepat aliran informasi, dan memfasilitasi inovasi di perusahaan. Relationship human capital juga berkontribusi pada peningkatan loyalitas dan retensi karyawan, karena hubungan yang baik di tempat kerja dapat meningkatkan kepuasan dan keterlibatan karyawan. 

Selain itu, jaringan sosial yang kuat juga dapat membantu perusahaan dalam menjalin hubungan dengan berbagai pihak. Pihak-pihak tersebut antara lain mitra, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami nilai dan pentingnya relationship human capital serta mendorong pembangunan hubungan yang sehat dan kolaboratif di antara karyawan mereka.

Industry Human Capital

Modal manusia jenis ini merujuk pada pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang dimiliki oleh karyawan dalam industri atau sektor spesifik. Karyawan dengan industry human capital memiliki pemahaman yang mendalam tentang tren, praktik terbaru, dan persyaratan khusus yang ada di industri mereka. 

Mereka juga memiliki pengetahuan tentang pasar, persaingan, peraturan, dan kebutuhan pelanggan dalam industri tersebut. Keberadaan modal manusia industri memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat dalam lingkungan bisnis mereka, serta memanfaatkan peluang yang muncul.

Adanya modal manusia industri ini juga dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menciptakan strategi bisnis yang efektif dan inovasi yang relevan dengan industri mereka, sehingga perusahaan dapat meningkatkan daya saingnya, memperluas pangsa pasar, dan mencapai keberhasilan jangka panjang.

Strategic Human Capital

Strategic human capital mengacu pada pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman karyawan yang secara khusus mendukung pencapaian tujuan strategis perusahaan. Karyawan dengan strategic human capital memiliki pemahaman yang mendalam tentang visi, misi, dan strategi perusahaan. Mereka mampu menghubungkan tujuan perusahaan dengan tindakan dan inisiatif konkret yang dilakukan di setiap tingkatan perusahaan. 

Dengan memahami arah strategis perusahaan, karyawan dapat mengalokasikan sumber daya dengan efektif, mengidentifikasi peluang pertumbuhan, dan mengatasi tantangan yang kompleks. Modal manusia strategis memungkinkan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dengan cepat, menghadapi persaingan dengan lebih baik, dan mencapai keunggulan kompetitif. 

General Human Capital Management

General human capital management adalah salah satu jenis modal manusia yang mengacu pada pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman umum yang dimiliki oleh karyawan dan dapat diterapkan di berbagai industri atau sektor. Fokus dari modal manusia jenis ini adalah pengembangan keterampilan yang dapat diterapkan secara luas. Beberapa kemampuan tersebut berupa keterampilan komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan pemikiran kreatif. 

Karyawan dengan kemampuan unggul yang umum dapat membawa nilai tambah kepada perusahaan dengan fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. General human capital management juga memungkinkan perusahaan untuk membangun keberagaman dan fleksibilitas tenaga kerja, yang sangat penting dalam menghadapi perubahan pasar dan tuntutan bisnis yang cepat. 

Perbedaan Human Capital dan Human Resources

perbedaan dengan human resources

Meskipun sama-sama berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia, human capital dan human resources management memiliki dasar yang berbeda. Human resources management berfokus pada pengelolaan karyawan, baik dari segi administratif maupun operasional. Sedangkan, human capital management berfokus pada pengembangan sumber daya manusia yang ada pada perusahaan tersebut. 

Fungsi human capital management adalah untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia sebagai aset berharga perusahaan. Hal melibatkan strategi untuk memaksimalkan potensi individu melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan kompetensi karyawan. Tugas divisi manajemen modal manusia berorientasi pada pengembangan individu untuk meningkatkan kinerja mereka, inovasi, dan kontribusi terhadap tujuan perusahaan.

Di sisi lain, human resources berfokus pada administrasi dan pengelolaan aspek operasional yang terkait dengan sumber daya manusia. Fungsinya meliputi rekrutmen, seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, kompensasi, kebijakan dan prosedur kepegawaian, dan hubungan karyawan. Human resources bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan, administrasi kepegawaian yang efisien, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Human Capital Perusahaan Anda dengan Software HRIS Essential dari EVA!

Pengelolaan human capital sebagai sumber daya yang berharga merupakan hal yang krusial bagi perkembangan perusahaan. Sayangnya, pengelolaan ini seringkali terkendala rumitnya proses administrasi dan koordinasi antar tiap divisi. Oleh karena itu, perusahaan perlu memanfaatkan teknologi yang dapat mengotomatisasi seluruh kegiatan tersebut, seperti Software HRIS Essential EVA

Software HRIS Essential dari EVA adalah solusi yang dapat meningkatkan efisiensi manajemen modal manusia pada perusahaan. Salah satu fitur utama yang ada pada software ini adalah manajemen data karyawan, yang memungkinkan perusahaan untuk menyimpan dan mengelola informasi karyawan secara terpusat. Fitur ini membantu meningkatkan efisiensi administrasi, pengelolaan absensi, perhitungan PPh 21 atas bonus karyawan, dan pemantauan kinerja karyawan. 

Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan modul pelatihan dan pengembangan yang memungkinkan perusahaan untuk merencanakan dan melacak program pelatihan serta mengukur efektivitasnya. Fitur pelaporan dan analitik pada software ini juga memberikan wawasan penting tentang data karyawan, produktivitas, dan kehadiran, yang dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan strategis. 

Kesimpulan

Human capital management dan human resources memiliki peran yang berbeda dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Manajemen modal manusia berfokus pada pengembangan potensi individu sebagai aset berharga, sedangkan human resources bertugas melaksanakan tugas administratif dan operasional terkait dengan pengelolaan karyawan.
human capital
Untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan karyawan, perusahaan dapat memanfaatkan Software HRIS Essential EVA. Dengan software ini, perusahaan tidak hanya bisa melakukan pengelolaan karyawan yang ada, tetapi juga memudahkan proses pencarian sumber daya manusia yang potensial. Akselerasi perkembangan bisnis Anda dan bergabung dengan EVA sekarang! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *