Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

AI Talent Acquisition Software: Pengertian & Fungsinya

AI Talent Acquisition Software

AI Talent Acquisition Software adalah solusi teknologi yang membantu perusahaan dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan secara lebih efisien dan akurat. Dalam era digital yang semakin berkembang, penggunaan teknologi AI dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan menjadi semakin populer karena mampu memberikan solusi yang lebih efektif dan efisien untuk menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, sistem ini dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat dan strategis dalam proses rekrutmen karyawan.

Oleh karena itu, solusi Software EVA Recruitment Management dari HashMicro sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses rekrutmen. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola data pelamar secara terpusat dan terstruktur, serta memudahkan dalam membuat laporan dan analisis data pelamar. Dengan fitur-fitur yang lengkap, perusahaan dapat melakukan proses rekrutmen dengan lebih praktis dan efisien.

 

Pengertian Artificial Intelligence (AI)

AI Talent Acquisition Software

Artificial Intelligence atau sering disebut AI adalah teknologi yang memungkinkan mesin atau komputer untuk dapat meniru kecerdasan manusia. Dalam hal ini, AI dapat meniru kemampuan belajar, mengambil keputusan, dan melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan. Seiring dengan kemampuan yang dimilikinya, AI pun dapat melakukan tugas-tugas yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh manusia, dengan lebih cepat dan akurat.

Penggunaan teknologi AI dapat Anda gunakan di berbagai bidang seperti bidang kesehatan, keuangan, manufaktur, hingga otomotif. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan AI semakin pesat dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam penerjemahan bahasa, asisten virtual, hingga mobil otonom. Dengan semakin berkembangnya teknologi AI, hal ini dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah dan meningkatkan kualitas hidup manusia di masa depan. Oleh karena itu, AI diharapkan dapat menjadi mitra yang andal bagi manusia dalam mencapai tujuan-tujuan dan memecahkan masalah di masa depan.

Fungsi AI Talent Acquisition Software

AI Talent Acquisition Software

AI Talent Acquisition Software merupakan sistem yang penting bagi sebuah perusahaan. Proses dari sistem ini berjalan sampai setelah proses rekrutmen dilakukan. Berikut ini adalah 6 fungsi utama dari AI Talent Acquisition Software yang perlu Anda ketahui:

1. Menjelaskan job description

Rekruter tidak diharapkan untuk mengetahui segala hal tentang nuansa bahasa persyaratan pekerjaan, terutama untuk rekruter baru. Seperti kata kunci dalam suatu bidang yang menarik dan berkualitas, serta kata-kata yang tidak menunjukkan preferensi gender tertentu. Oleh sebab itu, sistem ini menggunakan kecerdasan buatan yang meninjau pilihan bahasa dan menyarankan alternatifnya.

2. Mengunggah iklan lowongan kerja

Teknologi AI dapat membantu rekruter untuk mengunggah lowongan pekerjaan lima kali lebih cepat. Platform tersebut memberikan skor daya tarik kandidat untuk membantu rekruter menilai seberapa efektif unggahan tersebut dalam menarik pelamar, dan meningkatkan jumlah pelamar. Dengan menggunakan AI Talent Acquisition Software dapat memprediksi kisaran gaji, sehingga dapat memberikan pelamar lebih banyak persiapan untuk mengikuti interview.

Baca juga: Rekrutmen Online: Pengertian, Kelebihan, dan Tahapannya

3. AI Talent Acquisition Software dapat memperluas jangkauan pelamar

Pemilihan kata yang tepat dalam deskripsi pekerjaan, AI Talent Acquisition Software dapat memperluas pencarian ke luar kata-kata yang tercantum dalam unggahan pekerjaan menjadi istilah dan bahasa yang khusus dalam industri terkait. Pencarian kandidat menjadi lebih mudah dengan basis kandidat yang lebih luas dan inklusif yang mungkin terlewatkan oleh manusia. Sistem ini dapat membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti mencari atau mengevaluasi kandidat. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan posisi di dalam perusahaan yang sesuai dengan kandidat yang melamar.

4. Mempermudah screening pelamar

Beberapa perusahaan menggunakan game yang didukung AI atau video game untuk mengetahui kesesuaian antara kepribadian atau preferensi kerja kandidat dengan posisi yang dilamar. Karena kandidat sering ingin melamar ke sebuah perusahaan, AI Talent Acquisition Software dapat merekomendasikan posisi yang relevan dengan pendidikan, hard skill, maupun soft skill dari setiap kandidat. Hal ini berguna untuk merekomendasikan posisi baru untuk mereka saat ini berdasarkan keterampilan dan minat mereka.

5. AI Talent Acquisition Software bisa mengadakan assessment test

Dengan tujuan memahami potensi pelamar, AI Talent Acquisition Software membantu perusahaan untuk mengidentifikasi prevalensi kemampuan kandidat secara luas sehingga mereka dapat menemukan bakat kandidat di poin tertentu. Sistem ini mampu menilai keterampilan dari kandidat. Hal ini sangat penting untuk pengembangan keterampilan kandidat secara ulang (reskilling), agar AI dapat mengidentifikasi kesenjangan kemampuan di tempat kerja dan mencari kandidat dengan potensi terbaik untuk mengisi posisi tersebut.

6. Meminimalisir jalur koneksi

Banyak perusahaan yang menggunakan AI dalam proses perekrutan pelamar untuk mengurangi jalur koneksi dalam perekrutan dan memperluas keberagaman. Sistem ini membantu menghilangkan rasa bias yang dapat menyebabkan diskriminasi, seperti aksen, status sosial, dan status orang tua. Selain itu, sistem ini mampu mengevaluasi persyaratan pekerjaan, unggahan, dan komunikasi tertulis lainnya untuk bahasa yang cenderung gender. 

Baca juga: Peran dan Tanggung Jawab dari Talent Acquisition Perusahaan

Kesimpulan

AI Talent Acquisition Software adalah sebuah solusi teknologi yang dapat Anda gunakan dalam proses perekrutan karyawan. Dengan menggunakan teknologi AI, sistem ini dapat membantu perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok dengan kriteria yang perusahaan butuhkan secara lebih efisien dan akurat. Dalam jangka panjang, penggunaan sistem ini dapat menghemat biaya dan waktu, serta meningkatkan kualitas dan efektivitas seleksi karyawan. Anda dapat menggunakan sistem HRM dari HashMicro sebagai salah satu solusi untuk mengembangkan kinerja rekruter perusahaan Anda.

EVA Recruitment Management dari HashMicro merupakan sebuah solusi perangkat lunak yang memiliki fitur komprehensif untuk membantu perusahaan Anda dalam mencari calon karyawan yang terbaik secara otomatis. Selain itu, sistem ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan manusia atau human error yang berasal dari rekruter dalam proses perekrutan. Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan Anda dapat meningkatkan efektivitas dan memaksimalkan kinerja rekruter perusahaan Anda. Segera daftar dan dapatkan demo gratis dari HashMicro!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *