Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Strategi Maksimalkan Remote Hiring Perusahaan dengan EVA

Remote hiring

Perkembangan teknologi yang pesat ternyata memberikan dampak yang  bagus dalam kegiatan operasional perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang mulai menggunakan teknologi, bahkan dalam proses rekrutmen atau hiring. Rekrutmen dari jarak jauh atau bisa kita sebut sebagai remote hiring adalah proses rekrutmen yang dapat dilakukan dari jarak jauh. Mereka yang telah menerapkan proses rekrutmen seperti ini menyadari bahwa perusahaan dalam menjalankan proses rekrutmen jauh lebih efektif dan efisien menggunakan metode seperti ini.

Remote hiring dapat Anda lakukan dengan bantuan dari software. Dengan software ini, HRD akan dapat dengan mudah mengelola data SDM di perusahaan Anda. Software ini secara khusus dirancang untuk mempermudah pekerjaan HRD dalam mengelola data SDM sebuah perusahaan, baik itu karyawan tetap maupun karyawan yang masih dalam proses perekrutan. Remote hiring akan semakin efisien jika Anda menggunakan software rekrutmen. Untuk mengetahui manfaat dari remote hiring , Anda dapat membaca artikel ini hingga habis.

Definisi Remote Hiring

Remote hiring adalah proses rekrutmen dilakukan dari jarak jauh atau tidak tatap muka secara langsung. Jarak jauh ini dilakukan tanpa adanya komunikasi langsung, bahkan tanpa bertemu langsung secara fisik dengan orang lain. Meskipun dilaksanakan secara jarak jauh, tidak akan mengurangi performa dari proses rekrutmen tersebut. Pada era digital saat ini, proses rekrutmen yang sangat rumit dapat Anda sederhanakan dengan menggunakan metode online atau remote hiring ini.

Pada proses remote hiring, biasanya kandidat yang pertama kali membangun keterikatan dengan perusahaan saat melamar di posisi yang sedang terbuka. Setelah itu, HRD akan menghubungi kandidat secara online untuk mengikuti proses berikutnya seperti proses interview, assessment, hingga kandidat direkrut yang akan dilakukan secara jarak jauh. Kurang lebih proses dari remote hiring tidak berbeda jauh dengan metode perekrutan pada umumnya. 

Keuntungan Melakukan Hiring secara Remote

remote hiring

Meskipun remote hiring merupakan cara yang baru dalam perekrutan di dunia HR, banyak alasan kuat yang membuat banyak perusahaan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan metode ini, seperti efisiensi dan efektifitas dalam perekrutan. Tidak hanya itu, berikut keuntungan lainnya yang dapat Anda rasakan jika perusahaan menggunakan metode remote hiring.

Akses talent pool yang lebih luas

Banyak perusahaan tidak sadar jika dengan menggunakan metode remote hiring, jangkauan untuk mengakses talent pool atau kumpulan bakat yang lebih luas lagi. Karena proses hiring yang dilakukan secara daring, kesempatan untuk mendapatkan kandidat yang berasal dari beragam lokasi, latar belakang, dan pengalaman akan lebih tinggi. Dengan begitu, HR akan lebih mudah dalam menarik talenta yang berkualitas untuk perusahaan.

Terkadang dalam melakukan perekrutan manual terdapat banyak pelamar yang belum menjamin mereka memiliki potensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan melakukan remote hiring ini, praktisi HR dapat memanfaatkan channel yang lebih beragam untuk menjangkau talenta dari berbagai latar belakang. Contoh hal yang bisa HR manfaatkan dalam menjangkau talent pool adalah dengan melalui komunitas-komunitas pekerjaan yang ada di media sosial. Yang mana pencari kerja di media sosial tidak terbatas oleh demografi serta memiliki pengalaman yang berbeda–beda pula. HR juga bisa melakukan outsourcing atau perjanjian pemborongan pekerjaan. Tentunya hal ini memudahkan HR dalam menemukan talenta yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Memaksimalkan time-to-hire

Metode remote hiring ini membuat proses perekrutan menjadi semakin efektif dan efisien dari segi waktu. Proses perekrutan yang dilakukan secara remote ini membuat HR dapat memproses banyak kandidat sekaligus dalam sekali waktu bersamaan. Jangan lupa juga dengan akses talent pool yang luas sehingga terdapat banyak kandidat yang mendaftar dari berbagai macam latar belakang serta pengalaman. Hal ini membuat pencarian kandidat menjadi semakin cepat.

Remote hiring ini akan membuat HRD menerima lamaran masuk tanpa harus mengganggu pekerjaan mereka lainnya. Pencarian kandidat pun dapat maksimal karena perusahaan membuka lowongan langsung di media sosial atau platform internet lainnya. HR kini bisa mendapatkan lebih banyak lamaran masuk setiap harinya. karena keadaan pasca pandemi mendorong para pencari kerja menjadi lebih aktif. Sehingga waktu yang Anda butuhkan dalam proses perekrutan tidak memakan waktu yang banyak.

Meningkatkan candidate experience

Proses perekrutan pun juga memiliki dampak terutama untuk kandidat yang berdomisili di luar kota, pengalaman kandidat  mereka akan terbentuk dengan baik ketika mengetahui perusahaan melakukan proses perekrutan secara jarak jauh. Sehingga kandidat yang berdomisili jauh dari kantor dapat mengikuti proses perekrutan dengan baik. Selain itu, saat ini kebanyakan pencari kerja lebih tertarik dengan perusahaan yang dapat memberikan kesempatan kerja dari jarak jauh. Hal ini terjadi akibat situasi pasca pandemi yang membuat kebiasaan bekerja dari rumah menjadi hal yang dapat Anda terapkan dalam sebuah perusahaan. Dari hal tersebut terlihat pada sebagian perusahaan yang menerapkan sistem bekerja dari rumah dan bekerja dari kantor secara bersamaan, atau sebutannya adalah hybrid.

Produktivitas yang meningkat

Dari data CoSo Cloud, sebanyak 77% pekerja jarak jauh mengatakan bahwa mereka lebih produktif saat bekerja dari rumah. Penelitian terbaru dari Springer tidak hanya menunjukkan hal ini. Banyak dari mereka menemukan bahwa produktivitas pekerja meningkat ketika mereka bekerja tanpa gangguan. Contohnya dari interaksi karyawan lainnya, seperti halnya bekerja langsung di kantor. Tidak terkecuali proses rekrutmen, karena pada proses remote HR dapat lebih fokus dalam memproses kandidat karena waktu rekrutmen metode remote menjadi lebih fleksibel tanpa hambatan jarak dan waktu.

Selain itu, proses perekrutan jarak jauh dapat secara lebih efektif mengurangi waktu perekrutan dan biaya perekrutan. Sehingga secara positif meningkatkan produktivitas karyawan Anda. Pengalaman positif yang kandidat alami selama proses perekrutan jarak jauh juga meningkatkan produktivitas kandidat saat mereka kerjakan di perusahaan Anda. Selain itu, departemen SDM memiliki kemampuan untuk memproses beberapa lamaran sekaligus saat akses ke kandidat menjadi luas. Hal ini mendukung kemampuan departemen HR untuk melakukan pekerjaan lain tanpa harus fokus pada proses administrasi, karena proses rekrutmen dapat Anda lakukan dengan segera dan tanpa efisiensi proses.

remote hiring

Rekomendasi Software Rekruter

Software rekruter adalah solusi yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan remote hiring. Software rekrutmen adalah software untuk memudahkan pengelolaan rekrutmen karyawan. Semua data pelamar dari berbagai latar belakang dan domisili dapat Anda kelola dengan efisien dengan bantuan software rekrutmen.

Selain itu, hal-hal yang berhubungan dengan administrasi karyawan dapat Anda sederhanakan sehingga HRD bisa lebih fokus dalam mengembangkan hal lain yang lebih penting dan meningkatkan produktivitas. Software rekrutmen juga berfungsi untuk mengefisiensikan proses dan integrasi dalam manajemen HR, kemudahan yang terdapat dalam software ini seperti proses proses rekrutmen, manajemen penggajian, memonitor kinerja karyawan, menghemat biaya operasional, dan yang paling penting keamanan data karyawan. Jadi tidak hanya memudahkan dalam proses remote hiring, software ini juga memberikan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola karyawan di perusahaan Anda.

Kesimpulan

Remote hiring adalah proses rekrutmen terjadi dari jarak jauh atau tidak tatap muka secara langsung. Jarak jauh ini terjadi tanpa adanya komunikasi langsung bahkan bertemu langsung secara fisik dengan orang lain. Hal ini tercipta oleh sebab akibat dari masa pandemi yang mengharuskan semua operasional sebuah perusahaan harus terjadi secara daring. Remote hiring adalah metode yang ada pada banyak perusahaan semasa pandemi bahkan hingga saat ini. Mereka sadar bahwa dengan menerapkan metode ini proses perekrutan memiliki cakupan yang lebih luas serta dapat mengefektifkan proses perekrutan tersebut.

Semua kemudahan metode remote hiring ini memungkinkan untuk tetap Anda pertahankan. Bahkan jika Anda belum pernah menggunakan metode ini, maka pilihan tepat jika Anda memulai untuk menerapkannya. Kemudahan itu dapat Anda efisienkan dengan penggunaan software rekrutmen. Software ini terancang secara khusus untuk HRD dalam mengelola SDM yang ada di perusahaan, bahkan dapat mengelola dengan baik data SDM yang hendak melamar ke perusahaan Anda. Proses perekrutan remote pun akan semakin cepat sehingga perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang sesuai kriteria dengan cepat pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *