Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

7 Rekomendasi Aplikasi Psikotes Terbaik di Tahun 2023

aplikasi psikotes terbaik

Perusahaan pastinya membutuhkan aplikasi psikotes terbaik yang tentunya sangat berguna oleh tim HRD sebagai bagian dari perekrutan karyawan. Pasalnya psikotes sendiri merupakan serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui fungsi kognitif dan emosional seseorang. Biasanya tes ini dilakukan melalui tes tulis, verbal, atau visual.

Dengan perkembangan teknologi dan semakin banyaknya perusahaan yang menyadari akan pentingnya psikotes membuat aplikasi psikotes menjamur. Namun, beberapa aplikasi ada yang dapat menyediakan fitur mumpuni namun ada pula yang dibuat secara asal-asalan. 

Aplikasi psikotes terbaik

Pengertian Aplikasi Psikotes Terbaik ?

 Aplikasi Psikotes Terbaik

Aplikasi psikotes terbaik adalah suatu program atau aplikasi yang dirancang untuk membantu proses seleksi karyawan dengan melakukan tes psikologi secara online. Namun biasanya aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam tes psikologi, seperti tes kepribadian, tes intelegensi, dan tes kemampuan lainnya yang ada didalamnya.

Aplikasi psikotes harus memiliki beberapa karakteristik, seperti akurasi yang tinggi dalam menganalisis hasil tes, mudah digunakan oleh pengguna, serta dapat memberikan laporan yang jelas dan terstruktur mengenai hasil tes. Selain itu, aplikasi psikotes juga harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, sehingga dapat membantu perusahaan untuk memilih karyawan yang sesuai dengan profil yang dibutuhkan.

Dalam memilih aplikasi psikotes terbaik, perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti biaya, kehandalan, dan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Dengan menggunakan aplikasi psikotes, perusahaan dapat mempercepat proses seleksi karyawan serta meminimalisir kesalahan dalam memilih karyawan yang tepat.

Rekomendasi Aplikasi Psikotes Terbaik ?

aplikasi psikotes terbaik

Psikotes menjadi tes paling penting dalam mengenali calon karyawan. Namun, seringkali psikotes membutuhkan proses persiapan yang lama. Belum lagi, ketika proses koreksi dilakukan. HRD harus benar-benar memeriksa jawaban para kandidat dengan cermat dan teliti tanpa kesalahan.

Psikotes secara manual memiliki resiko kesalahan akibat manusia atau human error yang relatif besar. Hal ini memiliki dua kemungkinan, yaitu HRD memberikan pertanyaan yang salah atau HRD salah menilai. Akibatnya, seleksi kandidat berujung pada ketidakakuratan. Perusahaan bisa saja kehilangan kandidatnya.

Hal tersebut jelas berbeda ketika psikotes dilakukan dengan bantuan aplikasi. Dengan sistem berbasis Cloud, semua pertanyaan dan jawaban akan terekam dalam satu database secara sistematis. Software ini juga akan membantu HRD dalam mengoreksi jawaban setiap kandidat serta meminimalisir human error.

Selain itu, penggunaan aplikasi akan mempercepat rangkaian proses rekrutmen. Pasalnya, hanya dalam kurun waktu singkat, HRD dapat mengetahui siapa saja yang lolos atau tidak lolos dalam psikotes. Sehingga, HRD akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan penting lainnya. Hal ini jelas membuat perusahaan mengalami peningkatan produktivitas. Oleh karena itu, berikut ini adalah tujuh rekomendasi aplikasi psikotes terbaik di tahun 2023: 

1. Aplikasi Psikotes EVA Recruitment Management

EVA Recruitment Management adalah software yang memiliki beragam fitur untuk mengoptimalkan fungsinya. Aplikasi ini membantu perusahaan dalam proses rekrutmen yang menghabiskan banyak waktu. EVA akan mempermudah pekerjaan HRD dalam menemukan kandidat yang berkualitas. Tentu saja, perusahaan membutuhkan kandidat yang memiliki keterampilan dan adanya niat untuk perkembang.

EVA memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan psikotes secara online. Aplikasi ini membantu perusahaan untuk cepat dan tanggap dalam memberikan informasi yang kandidat butuhkan. Tidak hanya itu, EVA dapat memberikan penjadwalan otomatis untuk mengefisien proses perekrutan. Aplikasi psikotes tidak hanya memberikan manfaat, tetapi juga memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Untuk data yang EVA berikan tentu saja sangat akurat melalui teknologi yang sudah berkembang. Data ini akan memberikan penjabaran yang mencakup kepribadian, keterampilan, dan kecerdasan. Hasil dari psikotes ini nantinya akan secara otomatis tersimpan dan mempercepat proses analisis kandidat. Dengan begitu, perusahaan akan melakukan perekrutan berdasarkan data yang ada dan secara netral.

2. NSD

Aplikasi yang menyediakan psikotes online berikutnya NSD. NSD adalah aplikasi berbasis website yang menyediakan psikotes online yang terhubung dengan proses rekrutmen lainnya. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan mempersingkat proses rekrutmen agar lebih efisien. NSD menyediakan pilihan aplikasi tes yang dapat menunjang hasil rekrutmen nantinya. Perusahaan bisa memilih tes psikotes sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dan posisi.

Aplikasi ini juga memberikan konsultasi kepada psikolog perusahaan dengan mudah. NSD juga memberikan layanan screening wajah untuk melihat raut wajah para kandidat. Kemudahan akses melalui desktop dan smartphone membuat aplikasi ini banyak perusahaan gunakan untuk melakukan perekrutan. Dalam penilaian psikotes sistem aplikasi NSD akan secara otomatis melakukan penilaian dengan cepat dan efisien.

3. Talentic

Talentic adalah aplikasi online assessment berdasarkan data yang dapat memberikan penilaian dari beberapa aspek. Penggunaan dari aplikasi ini dapat mengkustom fitur sesuai kebutuhan perusahaan. Talentic akan membantu perusahaan melakukan penilaian psikotes dengan data yang ada. Data yang Talentic berikan tentu memiliki akurasi tinggi dan mampu memberikan hasil perekrutan yang adil.

4. HRD Room

HRD Room merupakan website yang memberikan layanan untuk penyaringan kandidat secara akurat. Aplikasi ini memiliki sistem yang dapat secara otomatis melakukan tes psikotes dan memberikan penilaian langsung. Dengan kemudahan tersebut, perusahaan akan dengan mudah melakukan penyaringan pada para kandidat dengan optimal. HRD Room juga akan memberikan data secara akurat dan cepat.

Data ini nantinya bisa perusahaan akses secara langsung setelah kandidat selesai melakukan psikotes. HRD Room juga akan memberikan konsultasi gratis dengan psikolog perusahaan. Aplikasi ini juga akan memberikan keuntungan untuk melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan. Sehingga, perusahaan bisa menekan pengeluaran biaya tambahan.

5. Talenta Indonesia

Talenta Indonesia merupakan biro psikologi yang menyediakan jasa psikologi online. Aplikasi ini juga menyediakan assessment psikotes dengan sistem online yang membantu perusahaan mempersingkat perekrutan. Talenta Indonesia memberikan kosultasi dengan psikologi yang ahli dalam bidangnya.

Keuntungan yang aplikasi ini berikan tidak hanya itu saja. Talenta Indonesia dapat memberikan rekomendasi 1 jabatan tanpa pengeluaran biaya tambahan. Sehingga, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Aplikasi ini juga melakukan penilaian dengan quality control yang terpusat.

6. Ekruters Indonesia

Ekruters Indonesia merupakan aplikasi penyedia psikotes secara online untuk mendapatkan kandidat terbaik. Sistem ini dapat memberikan hasil secara real-time. Sehingga, memudahkan perusahaan untuk membandingkan potensi yang kandidat miliki. Aplikasi ini tentu saja mempunyai fungsi untuk melakukan assessment psikotes secara online.

Ekruters Indonesia dapat anda akses untuk kebutuhan individu, perusahaan, dan pendidikan. Data yang ekruters berikan dapat membantu memberikan perusahaan rekomendasi karir yang sesuai dengan kandidat. Aplikasi ekruters juga akan membantu kandidat untuk mengembangkan potensi secara mandiri dan efektif. Dengan begitu, kandidat juga akan memiliki peluang karir yang sesuai dengan potensi diri.

7. IQ and Aptitude Test Practice

IQ and Aptitude Test Practice, aplikasi yang memberikan kemudahan menilai kemampuan kandidat dalam mengolah informasi. Aplikasi ini memberikan tes logis, numerik dan spasipal untuk membantu kandidat melakukan persiapan tes. IQ and Aptitude Test Practice akan membantu perusahaan dalam melakukan survei potensi yang kandidat miliki. Selain memberikan persiapan penilaian kinerja, aplikasi ini juga dapat membantu melatih mental. 

Pelatihan mental ini akan meningkatkan penalaran yang akan membantu kandidat dalam penilaian kinerja. Dalam pemberian skor, IQ and Aptitude Test Practice melakukannya secara offline tanpa jaringan internet.

Baca juga: Aplikasi Psikotes: Cara Memperoleh Karyawan Berkualitas dengan Mudah

Kesimpulan 

Dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak perusahaan yang melakukan psikotes secara online. Keuntungan melakukan psikotes online tentu saja untuk mempersingkat proses rekrutmen. Penggunaan aplikasi ini sangat penting untuk membantu perusahaan menyaring kandidat yang berkualitas dengan data akurat.

Agar lebih mudah untuk mempersingkat proses perekrutan, kini sistem EVA hadir untuk membantu Anda. EVA memiliki fitur yang otomatis untuk menjadwalkan dan memberikan soal tes kepada kandidat yang terpilih. EVA akan membantu perusahaan untuk melakukan proses perekrutan dari awal hingga akhir dengan sistem yang otomatis. Oleh karena itu, segera daftar dan dapatkan demo gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *