Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Pengertian dan Penggunaan CRM Recruitment Software pada Perusahaan

CRM recruitment software

Perkembangan teknologi saat ini mampu memberikan proses rekrutmen secara efisien. Proses rekrutmen untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas tentunya membutuhkan waktu yang panjang. Penggunaan CRM recruitment software saat ini memberikan dampak baik bagi perusahaan. Perangkat ini dapat membantu mempercepat proses rekrutmen tanpa menghilangkan bagian penting dari proses rekrutmen

Selain itu, Software Rekrutmen CRM memberikan bantuan untuk perusahaan menengah hingga besar dengan akses yang mudah. Perangkat ini mampu membawa perusahaan untuk bisa bersaing dengan perusahaan lainnya dengan para kandidat berkualitas. CRM recruitment mampu meningkatkan produktivitas perekrut dengan database terpusat yang mampu menyimpan CV secara terorganisir. Keuntungan lainnya pengguna dapat memberikan akses pendaftaran melalui platform mana saja.

Dengan menggunakan CRM recruitment software perusahaan akan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Kandidat yang memiliki kualitas tentu saja  akan membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. CRM recruitment juga akan mempermudah perusahaan dalam memonitoring proses rekrutmen dengan mudah.

CRM recruitment software

Apa itu CRM Recruitment Software?

CRM recruitment software

CRM recruitment software merupakan perangkat lunak yang perusahaan gunakan untuk mengelola kandidat. Perangkat ini membantu perusahaan mempercepat proses rekrutmen agar lebih efisien tanpa menghilangkan salah satu alur. CRM recruitment adalah aplikasi berbasis website yang perusahaan gunakan untuk mencari kandidat yang berkualitas. Kecepatan yang perusahaan berikan akan membuat kepercayaan kandidat untuk bergabung dengan perusahaan.

Software Rekrutmen CRM membantu perusahaan untuk mengumpulkan kandidat dari segala platform dengan sistem terpusat. Penggunaan sistem terpusat ini membantu CRM recruitment untuk mengefektifkan segala proses rekrutmen. CRM recruitment membantu perusahaan dari proses pencarian kandidat hingga proses perekrutan. 

Kenapa Harus Menggunakan Software dalam Perekrutan?

Saat ini perkembangan bisnis yang pesat mampu membuat perusahaan melakukan terobosan untuk mempertahankan kestabilan perusahaan. Salah satu terobosan yang perusahaan lakukan adalah melakukan perekrutan dengan memanfaatkan software. Pemanfaatan software sangat membantu untuk mempercepat perekrutan. Kelebihan lainnya, software mampu menyaring kandidat melalui CV dengan cepat secara akurat.

Perekrutan menggunakan software juga mempermudah perusahaan menemukan kandidat yang berkualitas. Tidak hanya itu, CRM recruitment software dapat membantu dalam menyebarkan informasi secara otomatis ke berbagai platform yang tersedia. Software ini juga dapat membantu perusahaan untuk menekan biaya pengeluaran setiap adanya perekrutan. Aplikasi ini juga dapat mencocokkan bakat kandidat dengan posisi yang tersedia.

Fungsi–fungsi CRM Recruitment Software

Proses perekrutan secara online lebih memberikan jaminan kelebihan daripada kekurangan. Banyaknya perusahaan yang beralih dari proses rekrutmen manual ke online karena keefisienannya. CRM recruitment memberikan fitur dengan fungsi yang sesuai untuk segala jenis perusahaan. Fungsi ini juga yang membantu proses rekrutmen menjadi lebih efisien dan akurat.

CRM recruitment software memberikan fungsi screening CV secara otomatis, karena banyaknya CV dari para kandidat nantinya akan aplikasi ini simpan dan otomatis tersaring pada sistem. CRM recruitment memberikan kemudahan dalam menyebarkan informasi lewat berbagai platform. Hal ini akan memudahkan perusahaan mendapatkan kandidat yang berkualitas 

Fungsi selanjutnya perusahaan dapat memonitoring proses rekrutmen dimana saja dan kapan saja. Perusahaan akan dengan mudah melihat siapa saja kandidat yang lolos dalam proses penyaringan CV. CRM recruitment software juga akan secara otomatis menyebarkan jadwal proses rekrutmen kepada kandidat yang lolos. Terakhir, CRM recruitment mempunyai fungsi untuk menyederhanakan administrasi kandidat. Fungsi ini memudahkan perusahaan dalam penyimpanan data kandidat dalam satu sistem dengan keamanan yang terintegrasi.

Baca juga: Manfaat Penerapan Online Recruitment Software terhadap Perusahaan

Keunggulan Sistem CRM Recruitment Software bagi Bisnis

Setiap perusahaan menginginkan kandidat yang berkualitas untuk membantu mengembangkan perusahaan dalam berbisnis. Selain memberikan keunggulan dalam proses rekrutmen, CRM juga memberikan keunggulan dalam bisnis perusahaan. Keunggulan dalam bisnis tentu saja akan meningkatkan pemasukan suatu perusahaan. Berikut adalah keunggulan CRM recruitment software dalam bisnis.

  1. CRM mampu meningkatkan produktivitas dalam melakukan suatu pekerjaan
  2. Meningkatkan efisiensi dalam perusahaan
  3. Menekan biaya pengeluaran suatu perusahaan
  4. CRM mampu meningkatkan kepercayaan kandidat untuk memberikan keloyalan dalam bekerja
  5. Mampu meningkatkan perkembangan bisnis dan perusahaan mampu bersaing dalam bisnis

Manfaat CRM Recruitment Software bagi Perusahaan

Kecepatan yang CRM berikan mampu membuat kandidat memberikan kepercayaannya untuk bergabung pada perusahaan. Perusahaan yang menggunakan CRM juga bisa meningkatkan pendapatan melalui kandidat yang berkualitas. Aplikasi ini mampu memberikan rekomendasi kandidat berkualitas melalui berbagai platform rekrutmen. Adanya CRM memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, berikut ulasannya:

  1. Meningkatkan kepercayan kandidat kepada perusahaan.
  2. Menekan biaya pengeluaran perusahaan setiap melakukan perekrutan.
  3. Kandidat dan perusahaan bisa melakukan komunikasi secara otomatis.
  4. Perusahaan akan mendapatkan kandidat yangs sesuai.
  5. Proses perekrutan menjadi lebih efisien dan akurat.

Tahapan-tahapan dalam CRM Recruitment Software

Untuk mendapatkan kandidat terbaik, CRM mempunyai beberapa tahapan perekrutan. Tahapan ini membantu untuk melakukan proses perekrutan secara efisien dan lebih akurat. CRM akan memberikan pelayanan yang berkualitas bagi penggunannya. Berikut adalah tahapan CRM recruitment software dalam perekrutan.

  1. Tahapan operasional

Tahapan ini merupakan  tahapan penarikan CV dari berbagai job portal. Pada tahapan operasional CRM akan secara otomatis juga menyebarkan informasi rekrutmen di berbagai job portal. Tahapan ini adalah tahapan awal dan dasar untuk melakukan perekrutan. Tahapan operasional ini merupakan tahapan pencarian kandidat.

  1. Tahapan lanjutan

Pada tahapan ini perusahaan sudah mendapatkan kandidat yang lolos proses screening CV. Tahap lanjutan atau tahapan seleksi ini biasanya perusahaan gunakan untuk menganalisis pengalaman atau bakat kandidat. Perusahaan juga akan melakukan serangkaian tes untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas untuk menunjang perusahaan. Tahapan lanjutan membutuhkan data dari berbagai sumber yang akan perusahaan cocokkan dengan posisi yang ada.

  1. Tahapan analisis

Tahapan analisis merupakan tahapan terakhir dalam melakukan proses rekrutmen. Pada tahap ini mencakup strategi rekrutmen dan prediksi. Strategi rekrutmen akan membantu perusahaan dengan cepat menemukan kandidat berkualitas untuk perusahaan. Tidak hanya itu strategi rekrutmen juga perusahaan gunakan untuk menekan biaya pengeluaran.

Tahap analisis juga akan memprediksi kandidat mana yang sesuai dengan perusahaan. CRM akan membantu perusahaan dalam menempatkan para kandidat dengan posisi yang sesuai. Tidak hanya itu, tahapan ini merupakan tahapan evaluasi kandidat untuk setiap proses rekrutmen.

Kesimpulan 

Perkembangan teknologi saat ini juga menunjang perkembangan bisnis dan perekonomian perusahaan. Perkembangan bisnis yang cukup pesat memberikan berbagai manfaat serta keuntungan bagi perusahaan. Kemudahan yang mudah perusahaan akses dapat membantu mereka dalam melakukan persaingan bisnis. Perusahaan juga sudah mulai berganti dengan perekrutan melalui online untuk dapat terus bersaing dalam bisnis.

Perekrutan secara online lebih memberikan kelebihan dan keuntungan daripada kerugian. Saat ini, CRM recruitment Software hadir untuk membantu proses rekrutmen menjadi lebih efisien dan lebih akurat. Aplikasi ini mampu memberikan rekomendasi kandidat yang berkualitas sesuai dengan kriteria perusahaan. CRM recruitment juga membantu perusahaan dalam menyebarkan lowongan kerja di berbagai job portal.

Kemudahan itu semua bisa anda dapat melalui EVA. Aplikasi mampu membantu anda untuk melakukan rekrutmen secara cepat dan akurat. EVA juga mempunyai fitur yang mampu membantu segala proses rekrutmen. Dengan menggunakan EVA, perusahaan bisa memonitoring proses rekrutmen dari awal hingga akhir. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *