Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Performance Management System : Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

performance management system

Performance management system dalam dunia bisnis berfungsi untuk meningkatkan perkembangan perusahaannya. Hal ini bertujuan guna meningkatkan perkembangan perusahaan, sumber daya manusia merupakan komponen utama untuk terus menjalankan bisnis perusahaan. Meningkatkan kinerja karyawan adalah salah satu strategi yang harus perusahaan lakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Peningkatan kinerja pada karyawan harus perusahaan analisis melalui kerja individu maupun tim.

Meningkatkan dan mempertahankan kinerja harus melalui pengelolaan, pelatihan, dan pengembangan. Hal ini dapat membantu HR untuk meningkatkan dan menjaga kestabilan perusahaan. Selain itu, mempertahankan kinerja karyawan membantu HR meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga mendapatkan citra yang baik. Kinerja karyawan yang mendukung membuat perusahaan semakin berkembang, produktif atau tidaknya karyawan sangat mempengaruhi perusahaan. 

Pengertian Performance Management System

Performance management system adalah sistem manajemen yang mengelola sumber daya manusia pada perusahaan. Sistem ini menggunakan sistem penilaian untuk mengembangkan kinerja karyawan melalui evaluasi. Perusahaan melakukannya untuk memonitoring kinerja setiap karyawan melalui kerja tim maupun individu. Hal ini, membantu perusahaan untuk terus mengembangkan produktivitas perusahaan.

Sistem manajemen performa merupakan strategi perusahaan untuk mengembangkan kinerja karyawan yang nantinya untuk pertumbuhan perusahaan. Strategi ini perusahaan jadikan patokan untuk melakukan pelatihan kerja yang sesuai dengan karyawan. Pelatihan kerja ini dapat berpengaruh untuk mengembangkan potensi dan menjadikan peluang karir di perusahaan. Performance management system secara tidak langsung melibatkan karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sistem ini juga perusahaan gunakan untuk melihat produktivitas para karyawannya. Perusahaan akan terus melakukan ini untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada karyawan. Dengan begitu, karyawan akan optimal untuk melakukan pekerjaannya sesuai dengan tanggung jawabnya. Hal ini, akan membantu pertumbuhan perusahaan secara signifikan dan optimal.

Manfaat Performance Management System

performance management system

Selain membantu perusahaan untuk berkembang, performance management system memiliki manfaat lain untuk membantu pertumbuhan perusahaan. Sistem ini sangat sering perusahaan gunakan untuk mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Berikut, manfaat lain dari performance management:

1. Performance management system dapat mendiagnosa masalah

Dalam perusahaan sering terjadi masalah kepada karyawan entah itu dengan lingkungan atau sistem kerja perusahaan. Performance management system membantu perusahaan untuk menganalisis hambatan yang para karyawannya miliki. Perusahaan juga akan memberikan solusi terbaik dengan cepat untuk para karyawan. Mendiagnosis masalah dan memberikan solusi dengan cepat tidak akan mengganggu produktivitas perusahaan.

Performance management system akan memberikan data masalah yang karyawan hadapi dengan akurat. Perusahaan juga bisa memperbaiki sistem kerja dan pengembangan karyawan melalui sistem ini. Upaya ini akan membantu perusahaan untuk memperbaiki sistem secara berkelanjutan. Sehingga masalah yang ada tidak sampai berlarut-larut dan membuat produktivitas karyawan dan perusahaan menurun.

2. Monitoring

Manfaat berikutnya adalah monitoring. Perusahaan akan dengan mudah memantau kinerja para karyawan dengan sistem yang terpusat. Sistem ini akan dengan mudah karyawaan dan HR akses secara real-time. Manfaat ini membantu HR memantau apakah karyawan dapat beradaptasi dengan budaya dan sistem kerja perusahaan. 

Monitoring ini membantu HR memantau kinerja karyawan sesuai tanggung jawab mereka atau tidak. Sehingga, memudahkan HR melakukan penilaian untuk evaluasi para  karyawan. Tidak hanya itu, sistem ini akan membantu HR untuk memberikan reward dengan tepat pada karyawan yang berprestasi. Monitoring juga akan memberikan kemudahan bagi karyawan yang memiliki hambatan dalam pekerjaannya. 

3. Alat dokumentasi kinerja

Manfaat berikutnya adalah sebagai alat dokumentasi kinerja. Performance management system akan membantu HR untuk menyimpan data kinerja setiap karyawan secara otomatis. Alat dokumentasi kinerja ini akan menampilkan data yang HR butuhkan untuk melakukan setiap penilaian dan evaluasi. Sehingga, nantinya semua keputusan yang HR berikan memiliki data yang akurat.

4. Sumber pengambilan keputusan

Manfaat ini sangat berkaitan dengan alat dokumentasi kerja. Sumber pengambilan keputusan harus memiliki data yang akurat agar lebih optimal. Performance management system membantu pengambilan keputusan untuk para karyawan. Pengambilan keputusan ini meliputi punishment dan apresiasi kepada setiap karyawannya sebagai motivasi.

Baca juga: Menerapkan Assessment sebagai Strategi HR dalam Meningkatkan Performa Karyawan di Perusahaan

Tahapan Performance Management System

performance management system

Performance management system yang memiliki rangkaian proses dan tahapan untuk mengoptimalkan pengelolaan karyawan. Tahapan ini akan membantu HR untuk membangun dan mempertahankan kinerja karyawan. Berikut adalah tahapan-tahapan performance management system untuk mengoptimalkan sistem kerjanya:

1. Plan

Tahap plan, perusahaan akan menyusun strategi yang telah perusahaan rancang. Strategi ini mereka susun untuk mencapai tujuan dan misi yang telah perusahaan tetapkan dari awal. Tujuan yang perusahaan terapkan tentu saja bisa berupa kualitas, kuantitas, dan prestasi yang telah mereka dapat. Target ini nantinya harus sesuai dengan KPI agar lebih terstruktur dalam melakukan penilaian.

Sesuai dengan prinsip SMARTA (specific, measurable, achievable, realistic, dan time-oriented) untuk mengoptimalkan penilaian. Aspek ini nantinya akan melalui diskusi untuk menetapkan aspek apa untuk penilaian setiap posisi. Namun, kebanyakan perusahaan melakukan sistem top-down, yang akan CEO atau direktur tetapkan terlebih dahulu. Dengan begitu, posisi di bawah CEO atau direktur akan mengikuti kebijakan tersebut.

2. Track

Setelah semua planning tersusun, perusahaan akan menerapkan sistem tersebut dalam sistem kerja perusahaan. Untuk menetapkan sistem dengan prinsip SMARTA, perusahaan harus terus memantau jalannya sistem ini. Pemantauan sistem ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar planning tersebut berjalan dengan optimal. Dalam tahap ini, HR sangat memiliki peran penting untuk memantau berjalannya sistem.

Tahap ini sangat memerlukan feedback yang baik dari HR agar target KPI cepat tercapai. Target ini sangat membutuhkan kekompakan tim dalam melakukan pekerjaan. HR juga akan memberikan peran penting untuk membantu menyelesaikan masalah yang karyawan hadapi. Selain itu, HR dapat memberikan pelatihan kepada karyawan sesuai dengan prioritas target posisi masing-masing.

3. Review

Tahap ini adalah tahap penilaian dan evaluasi untuk para karyawan perusahaan. HR dapat menilai, apakah planning tersebut berjalan dengan optimal atau tidak. Tahap ini akan memberikan hasil apakah target yang perusahaan berikan tercapai dengan efektif atau tidak. Selain itu, HR  akan menilai performa masing-masing karyawan dalam menyelesaikan target mereka. Namun, dalam penilaian ini biasanya akan HR lakukan secara rutin untuk menghindari penurunan performa karyawan.

4. Act

Tahapan terakhir adalah action atau rewarding. Tahap ini adalah sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada karyawan yang telah mencapai target dengan baik. Dalam tahap ini, biasanya karyawan bisa memotivasi diri mereka sendiri untuk menampilkan yang terbaik di periode berikutnya. Sehingga, pengembangan kinerja akan berjalan dengan optimal dan efektif.

Kesimpulan 

Performance management system memiliki peran penting untuk pengembangan kinerja, potensi, dan produktivitas karyawan. Sistem ini dapat membantu perusahaan untuk mencapai target dan menjaga kestabilan perusahaan. Penilaian dengan sistem seperti ini akan memudahkan perusahaan untuk membuka peluang karir karyawannya. Selain itu, performance management system akan membantu perusahaan memberikan apresiasi dengan tepat sasaran.

Untuk menjalankan dengan optimal dan akurat,  EVA menyediakan sistem assessment dengan fitur yang sesuai fungsinya. Penilaian menggunakan EVA akan lebih efisien dan maksimal. EVA memiliki data yang tersimpan berbasis cloud dengan keamanan yang terintegrasi. Hal ini, akan memudahkan untuk menemukan data yang HR butuhkan dalam setiap evaluasi dan penilaian. Oleh karena itu, segera daftar dan dapatkan demo gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *