Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Apa yang Dimaksud dengan Talent Pool? Manfaat untuk Bisnis 

talent pool

Talent pool menjadi wadah bagi setiap perusahaan yang menginginkan kandidat maupun karyawan dengan  kualitas yang sesuai kebutuhan perusahaan. Sumber daya manusia sangat penting untuk menunjang perkembangan perusahaan yang signifikan. Untuk menunjang itu semua, perusahaan tentu saja perlu melakukan administrasi yang baik untuk para karyawannya. Database karyawan sangat penting bagi perusahaan untuk mengelompokkan prestasi karyawannya.

Untuk mempermudah membuat database karyawan, perusahaan juga harus memberikan fasilitas atau sistem yang baik juga. Ini akan membantu perusahaan mengurus segala administrasi dari calon karyawan hingga karyawan. Tidak hanya urusan administrasi, talent pool juga membantu dalam mengelompokkan karyawan sesuai dengan prestasinya. Sistem ini akan mempermudah perusahaan melakukan evaluasi pada setiap kinerja karyawan.

Apa itu Talent Pool?

Talent pool merupakan sistem pengumpulan data administrasi karyawan perusahaan. Data yang terkumpul mencakup posisi, prestasi, identitas, dan keahlian. Data yang tersistem seperti ini akan perusahaan kumpulkan berkelompok sesuai dengan pencapaian mereka. Sistem ini akan membantu perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas dan memiliki potensi yang lebih.

Sesuai dengan fungsinya, talent pool akan membantu HR untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan perusahaan mereka. Talent pool akan memberikan data karyawan yang memiliki prestasi yang lebih dari perusahaan manapun. Sistem ini akan membantu perusahaan untuk mempertahankan keunggulan perusahaan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan untuk bisa bersaing dengan perusahaan lainnya.

Perusahaan akan mendapatkan beberapa database  dari kandidat yang melamar di perusahaan mereka. Database ini juga bisa perusahaan dapatkan dari informasi yang karyawan berikan. Perusahaan akan menggunakan data ini untuk menunjang karir para karyawannya. Tidak hanya itu, perusahaan akan terbantu untuk melakukan evaluasi kerja untuk meningkatkan perkembangan perusahaan.

Baca juga: Talent Pool : Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

Manfaat Talent Pool untuk Bisnis

talent pool

Pembuatan database talenta tidak hanya memberikan keunggulan, tetapi juga manfaat untuk perusahaan. Ini juga merupakan “simpanan” perusahaan untuk masa mendatang. Jika perusahaan melakukan pergantian tim secara menyeluruh, data tersebut akan membantu perusahaan melakukan perubahan posisi. Data talent pool akan membantu perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan dengan data yang akurat.

Penerapan talent pool yang baik juga akan membantu perusahaan menekan pengeluaran biaya yang berlebih. Tentu saja, untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas perusahaan harus semaksimal mungkin. Tidak hanya itu, talent pool juga  memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Menghemat waktu

Tujuan dari penerapan talent pool adalah menghemat waktu dalam perekrutan. Perusahaan tentu membutuhkan waktu lama untuk menemukan kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan budaya perusahaan. Data talent pool kandidat bisa secara mudah perusahaan analisis dan melakukan proses penyaringan dengan mudah. Data yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan akan bisa mempercepat proses ke proses interview dan penawaran kerja. 

Perusahaan juga bisa mengambil data karyawan sebelum mencari kandidat di luar sana. Sehingga, perusahaan bisa membantu karyawan untuk membuka peluang karir karyawan berprestasi. Tidak hanya itu, perusahaan tidak perlu melakukan pengenalan budaya kerja kembali kepada mereka. Perusahaan juga tidak perlu melakukan pelatihan kerja untuk menghemat waktu perekrutan.  

2. Meningkatkan efisiensi perekrutan

Proses perekrutan yang panjang tentu saja sangat mengganggu produktivitas perusahaan. Talent pool membantu perusahaan untuk mempersingkat waktu perekrutan. Sistem ini menjamin efisiensi perekrutan dari awal hingga akhir. Kolam talenta membantu perusahaan untuk menyebarkan informasi lowongan kerja di berbagai job portal.

Penerapan sistem imi, perusahaan hanya perlu menyeleksi kandidat yang sesuai. Perusahaan bahkan juga bisa mengisi posisi yang kosong dengan karyawan yang sesuai dengan posisi tersebut. Sehingga, proses perekrutan tidak memerlukan biaya dan waktu yang lama. Perusahaan juga tetap bisa memantau produktivitas dari para karyawan.

3. Meningkatkan kualitas karyawan

Banyaknya karyawan yang perusahaan miliki tentu saja akan ada beberapa yang kurang berkompeten. Hal ini, akan kurang efektif untuk menstabilkan perusahaan. Kolam talenta membantu perusahaan untuk melakukan pengelompokan data karyawan sesuai prestasi. Perusahaan akan dengan mudah melakukan evaluasi kepada karyawan yang kurang berkompeten.

Hal ini juga membantu perusahaan untuk mencarikan solusi pelatihan kerja yang sesuai. Data ini akan membantu karyawan untuk mempertahankan pekerjaannya. Kolam talenta juga akan membantu perusahaan untuk mengurangi karyawan yang menghambat efektivitas perusahaan. Sehingga perusahaan bisa memperbaiki kualitas para karyawannya

4. Meningkatkan retensi karyawan

Talent pool memiliki manfaat untuk menunjang karir para karyawan. Perusahaan bisa tetap mempertahankan karyawan berkualitas untuk tetap memberikan keloyalan dalam bekerja. Mempertahankan retensi karyawan adalah strategi yang harus perusahaan wujudkan untuk perkembangan perusahaan. Meningkatkan retensi karyawan juga membutuhkan apresiasi, peluang karir, dan fasilitas yang memadai.

Dengan sistem ini, perusahaan akan dengan mudah memberikan apresiasi, peluang karir, dan fasilitas secara netral. Perusahaan akan semaksimal mungkin membangun lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawannya. Keakuratan data juga akan membantu perusahaan mengasah skill para karyawan dengan tepat. Sistem ini juga akan memberikan solusi evaluasi untuk meningkatkan retensi karyawan.

5. Menjaga hubungan yang baik dengan calon karyawan

Untuk mendapatkan kandidat yang sesuai, perusahaan perlu tetap berhubungan baik dengan para kandidat. Hubungan yang baik akan membantu perusahaan mendapatkan kandidat yang sesuai. Sistem ini akan membantu anda untuk mengetahui karakter kandidat. Perusahaan tidak hanya memerlukan kandidat yang memenuhi syarat, tetapi juga mengetahui potensi yang kandidat punya.

Hubungan yang baik dengan kandidat akan memudahkan HR melakukan pendekatan secara personal. Hal ini perusahaan lakukan jika menemukan kandidat yang sangat cocok dengan posisi yang mereka tawarkan. 

Kesimpulan 

Perusahaan memerlukan kandidat yang berkualitas untuk menunjang perkembangan perusahaan. Administrasi yang perusahaan lakukan juga harus memadai. Data yang tersedia bukan hanya mencakup identitas para kandidat tetapi juga prestasi. Talent pool dapat membantu perusahaan untuk menyelesaikan masalah administrasi perusahaan.

Anda bisa menemukan talent pool di EVA Assessment. EVA Assessment memberikan fitur yang menunjang perusahaan mendapatkan dan mempertahankan kandidat yang berkualitas. Aplikasi ini memberikan fitur penilaian kinerja karyawan secara otomatis untuk data evaluasi. Sistem ini juga akan membantu karyawan untuk mendapatkan peluang karir yang mereka inginkan. Oleh karena itu, Anda dapat segera mendaftarkan diri dan mendapatkan demo gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *